Awal Pekan Ini, Harga Minyak Dunia Menguat Tipis

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Pada awal pekan ini harga minyak dunia menguat tipis.Kenaikan didukung oleh data perekonomian Eropa.

Dari data CNBC, Senin (27/7/2020) minyak Brent naik 3 sen ke harga 43,34 dolar AS per barel, sedangkan harga minyak WTI naik 22 sen ke level 41,29 dolar AS per barel. Sebelumnya, China memerintah AS tutup konsulatnya di kota Chengdu. Tindakan China ini sebagai balasan terhadap USA yang telah menutup konsulat China di Houston.

baca juga: Harga Tanaman Ini Disebut Sampai Rp100 Juta, Apa Istimewanya?

Ketegangan baru AS dan China sebagai konsumen minyak terbesar dunia memicu kekhawatiran tentang demand minyak yang sudah menghadapi tantangan termasuk meningkatnya kasus corona di AS. Pandemi yang bangkit kembali telah menggelapkan prospek ekonomi AS. Beberapa negara telah menerapkan kembali kebijakan pembatasan karantina sehingga diperkirakan mengurangi konsumsi bahan bakar.

Selain itu, jumlah orang AS yang mengajukan klaim tunjangan pengangguran mencapai 1,416 juta per pekan lalu. Angka ini secara tak terduga naik untuk pertama kalinya dalam 4 bulan terakhir. Harga minyak berpotensi terkoreksi jangka pendek jika pemulihan permintaan BBM melambat terus terutama di USA, kata Tim Analis Barclays Commodities Research.

baca juga: Irwan Prayitno Optimis Ekonomi Syariah di Sumbar Tumbuh Bagus

Namun Barclays memperkirakan surplus minyak tahun 2020 turun jadi rata-rata 2,5 juta barel per hari dari estimasi sebelumnya 3,5 juta barel per hari. Data Baker Hughes Co menunjukkan di AS, jumlah rig turun ke level terendah sepanjang masa hingga sebanyak 251 per 24 Juli. Hitungan rig merupakan indikator awal output di masa depan.

Editor: Ramadhani