Harga Minyak Dunia Terus Mengalami Kenaikan

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Harga minyak dunia kembali mengalami kenaikan hinga lebih dari 1 persen. Kenaikan ini dipicu data ekonomi yang positif dari Amerika Serikat, Eropa dan Asia.

Meski begitu investor tetap khawatir tentang melonjaknya kasus Covid-19 secara global. Dilansir dari data pada Selasa (4/8/2020), minyak mentah berjangka Brent, patokan internasional ditutup menguat 63 sen atau 1,5 persen menjadi 44,15 dolar AS per barel.

Sementara, patokan Amerika Serikat, minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI), melesat 74 sen, atau 1,8 persen menjadi 41,01 dolar AS per barel. Aktivitas manufaktur tumbuh ke level tertinggi dalam hampir satu setengah tahun pada Juli, ketika pesanan meningkat meskipun terjadi lonjakan kasus infeksi Covid-19. Hal itu disampaikan Institute for Supply Management.

baca juga: Setelah Alami Penurunan Beruntun, Harga Emas Batangan Kembali Naik

Survei serupa menunjukkan aktivitas manufaktur di zona euro berakselerasi bulan lalu untuk pertama kalinya sejak awal 2019, sementara data manufaktur yang positif di Asia juga mendorong minyak . Namun, investor tetap khawatir tentang pemulihan ekonomi ketika kasus virus korona melonjak, dengan infeksi menembus 18 juta secara global.

Lebih banyak negara memberlakukan pembatasan baru atau memperluas pembatasan yang ada dalam upaya untuk mengendalikan pandemi tersebut. Prospek kelebihan pasokan juga membebani harga minyak ketika Organisasi Negara eksportir Minyak (OPEC) dan sekutunya, termasuk Rusia, bersiap untuk mengurangi pemotongan pasokan minyak sementara produksi shale-oil Amerika mulai meningkat.

baca juga: Usai Turun ke Level Terendah, Harga Emas Dunia Mulai Bangkit

Editor: Ramadhani