Rupiah Berpeluang Kembali Menguat Pada Transaksi Hari Ini

dolar
dolar (net)

KLIKPOSITIF - Pergerakan rupiah hari ini Kamis (6/8/2020) diprediksi berpotensi menguat terhadap dolar AS.Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan pagi ini dolar AS masih terlihat melemah terhadap nilai tukar emerging markets. Rupiah masih berpotensi menguat.

Penguatan ini juga didorong dari data perubahan jumlah orang yang dipekerjakan di luar sektor pertanian dan pemerintahan di AS yang disurvei oleh perusahaan swasta AS, Automatic Data Processing Inc, dilaporkan mengalami kenaikan tapi jauh di bawah ekspektasi pasar sehingga ini memberikan sentimen negatif ke dollar AS, 167 ribu orang dibanding ekspektasi 1,2 juta orang.

baca juga: Setelah Alami Penurunan Beruntun, Harga Emas Batangan Kembali Naik

Selain itu, tambah Ariston, pembahasan stimulus fiskal AS senilai 1 triliun dolar AS masih menjadi sentimen positif untuk nilai tukar negara berkembang. " Rupiah berpotensi menguat dengan potensi kisaran hari ini di Rp 14.400 - Rp 14.650," ujar Ariston dalam riset hariannya, Kamis (6/8/2020).

Berdasarkan data Bloomberg, pergerakan rupiah pada Rabu Kemarin (5/8/2020) berada di level Rp 14.550 per dolar . Level itu menguat dibanding pergerakan Selasa sebelumnya di level Rp 14.625 per dolar AS.

baca juga: Usai Turun ke Level Terendah, Harga Emas Dunia Mulai Bangkit

Sementara itu, berdasarkan kurs tengah Bank Indonesia, rupiah pada Rabu kemarin berada di level Rp 14.623 per dolar AS. Posisi itu menguat dibandingkan pada Selasa sebelumnya yang di level Rp 14.697 per dolar AS.

Editor: Ramadhani