Rupiah di Akhir Pekan Ini Bergerak Melemah

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) jelang akhir pekan Ini Jumat (7/8/2020) kembali melemah. Rupiah melemah ke level Rp 14.647 per dolar AS.

Dari data Bank Indonesia (BI) kurs tengah acuan Jakarta Interbank Spot Dolar Rate/Jisdor rupiah melemah 60 poin ke level Rp 14.647 dari posisi sebelumnya dilevel Rp 14.587.

baca juga: Setelah Alami Penurunan Beruntun, Harga Emas Batangan Kembali Naik

Sedangkan data Bloomberg Dolar Index, di pasar spot exchange, rupiah berada pada level Rp 14.598 per dolar AS. Rupiah melemah 12 poin dibandingkan penutupan sebelumnya pada level Rp 14.586 per dolar AS.

Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan, melemahnya nilai tukar rupiah pada hari ini karena tingkat imbal hasil obligasi pemerintah AS tenor 10 tahun mengalami pelemahan ke kisaran 0,527 persen, turun sekitar 2,1 persen dibandingkan penutupan kemarin.

baca juga: Usai Turun ke Level Terendah, Harga Emas Dunia Mulai Bangkit

"Sehingga permintaan aset aman cukup tinggi dan bisa mengindikasikan kekhawatiran di pasar keuangan meningkat," kata Aris sapaan akrabnya.

Aris menuturkan, pasar khawatir dengan gangguan pemulihan ekonomi global karena pandemi yang masih belum bisa dikendalikan dan hubungan AS dan Tiongkok yang meregang.

baca juga: Rupiah Diprediksi Akan Menguat Pada Transaksi Jelang Akhir Pekan Ini

" Rupiah bisa mengalami pelemahan hari ini karena kekhawatiran tersebut, potensi di kisaran Rp 14.500 - Rp 14.700," ucapnya.

Editor: Ramadhani