Harga Emas Dunia Terus Melesat

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Harga emas dunia mencatatkan rekor baru didorong ekspektasi lebih banyak respons moneter karena melonjaknya kasus virus Covid-19 yang terus menghantam perekonomian Amerika Serikat.

Dilansir dari CNBC, Jumat (7/8/2020) harga emas di pasar spot mencapai level tertinggi sepanjang masa di 2.069,21 dolar AS per ounce, dan tercatat menguat 1,21 persen menjadi 2.062,78 dolar AS per ounce.

baca juga: Usai Turun ke Level Terendah, Harga Emas Dunia Mulai Bangkit

Sementara emas berjangka Amerika Serikat ditutup melonjak 1 persen menjadi 2.069,40 dolar AS per ounce.

Emas meroket lebih dari 35 persen sepanjang tahun ini karena dianggap sebagai aset yang bisa mempertahankan nilainya ketika pandemi dan gelontoran dana oleh bank sentral mengikis value aset lainnya.

baca juga: Rupiah Diprediksi Akan Menguat Pada Transaksi Jelang Akhir Pekan Ini

Pasar menunggu respons kebijakan lebih lanjut ketika pemimpin Partai Demokrat dan pejabat Gedung Putih melanjutkan perundingan untuk mencoba menyepakati gelombang bantuan berikutnya guna membangkitkan perekonomian.

Sementara itu harga perak melonjak 4,6 persen menjadi 28,26 dolar AS per ounce, setelah menembus level tertinggi lebih dari tujuh tahun 28,42 dolar AS per ounce, dibantu kombinasi permintaan investasi dan industri.

baca juga: Siap-siap, Apa yang Harus Dilakukan Jika Indonesia Resesi? Ini Jawabnya

Sedangkan platinum melesat 1,5 persen menjadi 981,53 dolar AS per ounce dan paladium naik 1,6 persen menjadi 2.216,06 dolar AS per ounce.

Editor: Ramadhani