Harga Minyak Dunia Kembali Melonjak

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - - Harga minyak dunia bergerak naik karena membaiknya data ekonomi AS, tingginya impor China serta kelanjutan stimulus jadi salah satu faktor yang mendorong kenaikan harga.

Dilasnir dari CNBC, Selasa (11/8/2020) minyak mentah berjangka Brent, patokan internasional, ditutup naik 59 sen, atau 1,3 persen menjadi 44,99 dolar AS per barel. Sedangkan minyak mentah patokan Amerika Serikat, minyak mentah berjangka West Texas Intermediate, menguat 72 sen, atau 1,8 persen menjadi 41,94 dolar AS per barel.

baca juga: Usai Turun ke Level Terendah, Harga Emas Dunia Mulai Bangkit

Dukungan bagi harga minyak mentah acuan ini datang setelah Presiden AS Donald Trump men-tweet bahwa Partai Demokrat di Kongres ingin bertemu dengannya untuk kembali membahas stimulus ekonomi terkait virus corona. Deflasi pabrik China berkurang pada Juli, didorong kenaikan harga minyak global dan aktivitas industri meningkat menuju level sebelum pandemi.

Jumat lalu, Irak mengatakan akan memangkas produksi minyaknya sebanyak 400.000 barel per hari pada Agustus dan September untuk mengkompensasi kelebihan produksi dalam tiga bulan terakhir. Langkah tersebut akan membantu Irak mematuhi kesepakatan pemotongan produksi minyak oleh Organisasi Negara Eksportir Minyak dan sekutunya, yang dikenal sebagai OPEC+.

baca juga: Rupiah Diprediksi Akan Menguat Pada Transaksi Jelang Akhir Pekan Ini

Editor: Ramadhani