Pergerakan Rupiah Hari Ini Bakal Tertekan

rupiah
rupiah (net)

KLIKPOSITIF - Pergerakannilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada Rabu (12/8/2020) kembali melemah. Rupiah melemah ke level Rp 14.777 per dolar AS. Dari data Bank Indonesia (BI) kurs tengah acuan Jakarta Interbank Spot Dolar Rate/Jisdor rupiah melemah 49 poin ke level Rp 14.777 dari posisi sebelumnya di level Rp 14.728.

Sedangkan data Bloomberg Dolar Index, rupiah pada perdagangan spot exchange melemah 32,5 poin atau 0,22 persen di level Rp 14.680 per dolar AS. Rupiah bergerak di kisaran Rp 14.580 hingga Rp 14.714 per dolar AS. Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan, pelemahan nilai tukar rupiah akibat perbaikan data ekonomi AS, sehingga menguatkan dolar AS.

baca juga: Setelah Alami Penurunan Beruntun, Harga Emas Batangan Kembali Naik

" Dolar AS terlihat menguat sejak semalam karena indikasi pemulihan ekonomi di AS dari rilis data-data tenaga kerja dan indeks harga produsen bulan Juli-nya yang lebih bagus dari proyeksi," kata Ariston dalam analisanya, Rabu (12/8/2020).

Ariston menjelaskan, penguatan dolar AS ini bisa menekan pergerakan nilai tukar emerging markets termasuk rupiah . Selain itu, tambah Ariston, kabar belum adanya kemajuan pembicaraan stimulus AS antara dua partai berkuasa juga bisa melemahkan sentimen terhadap aset berisiko pagi ini.

baca juga: Usai Turun ke Level Terendah, Harga Emas Dunia Mulai Bangkit

Dia memprediksikan pergerakan nilai tukar rupiah sepanjang hari ini akan berada direntang Rp 14.550 sampai Rp 14.750 per dolar AS.

Editor: Ramadhani