Minyak Dunia Terus Anjlok Akibat Krisis yang Dipicu Pandemi

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Harga minyak mentah dunia mengalami penurunan terparah sejak Juni. Penurunan ini terjadi akibat kehawatiran tentang pemulihan ekonomi yang lambat dari krisis pagebluk virus corona atau Covid-19.

Pemulihan yang lambat ini menambah kekhawatiran terhadap pelemahan demand atau permintaan akan minyak . Dilansir dari CNBC, Senin (7/9/2020) minyak Brent turun 3,2 persen ke harga 42,66 dolar AS per barel, sedangkan minyak WTI turun 3,8 persen ke harga 39,77 dolar AS per barel.

baca juga: IMF Beri Penilaian dan Rekomendasi Terkait Kebijakan Fiskal Indonesia

Posisi harga minyak ditekan oleh pelemahan pasar saham Wall Street yang berlanjut dan juga data lapangan kerja di AS yang melambat di periode Agustus. Data nonfarm payrolls naik 1,37 juta di bulan Agustus walaupun pengangguran masih sebanyak 11,5 juta di bawah level sebelum pandemi corona.

Persentase pengangguran 4,9 persen lebih tinggi dibanding Februari. Persentase pengangguran jadi 8,4 persen dari estimasi sebesar 9,8 persen. "Harapan terhadap stimulus akan muncul," kata John Kilduff, Analis pada Again Capital New York.

baca juga: Harga Minyak Dunia Terus Melejit, Terpicu Kekhawatiran Pasokan

"Kami perlu melihat aktivitas ekonomi kembali naik untuk mendapatkan aliran permintaan," tambahnya.

Editor: Ramadhani