Emas Dunia Kembali Alami Penurunan Harga

emas
emas (net)

KLIKPOSITIF - Harga emas dunia lagi-lagi mengalami penurunan akibat menguatnya dolar AS. Dilansir dari CNBC, Selasa (8/9/2020) harga emas di pasar spot turun 0,2 persen menjadi 1.928,82 dolar AS per ounce, sedangkan emas berjangka Amerika Serikat sedikit berubah di posisi 1.933,60 dolar AS per ounce.

Indeks Dolar (Indeks DXY) naik 0,3 persen membuat emas lebih mahal bagi pemegang mata uang lain. Bank sentral global memangkas suku bunga untuk mengatasi krisis virus corona, dengan emas melonjak lebih dari 27 persen sejauh tahun ini, karena suku bunga yang lebih rendah menurunkan opportunity cost untuk memegang bullion yang tidak memberikan imbal hasil.

baca juga: IMF Beri Penilaian dan Rekomendasi Terkait Kebijakan Fiskal Indonesia

Kini, investor terfokus pada keputusan kebijakan Bank Sentral Eropa yang akan diumumkan Kamis. Sementara itu, kasus virus corona di konsumen emas terbesar kedua di dunia , India, melampaui Brasil, menjadi posisi kedua di belakang Amerika Serikat.

Logam lainnya, perak naik 0,5 persen menjadi 27 dolar AS per ounce, sementara platinum melonjak 1,5 persen menjadi 908,26 dolar AS per ounce dan palladium turun tipis 0,1 persen menjadi 2.295,13 dolar AS per ounce.

baca juga: Harga Minyak Dunia Terus Melejit, Terpicu Kekhawatiran Pasokan

Editor: Ramadhani