Nelayan Pra-Sejahtera di Pessel Akan Didukung Program Pro Gakin

Barisan kapal nelayan di Pesisir Selatan
Barisan kapal nelayan di Pesisir Selatan (KLIKPOSITIF/Kiky Julnasri Priatama)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Pesisir Selatan memiliki program baru yang dinamakan Pro Gakin (Program Gerakan Anti Kemiskinan Nelayan ). Program ini merupakan langkah penyuluhan untuk membangun perekonomian para nelayan di daerah tersebut.

Program ini disebut mampu meningkatkan kesejahteraan nelayan , karena menurut Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP) Kabupaten Pesisir Selatan Yozki Wandri nelayan perlu didukung dengan penyuluhan peningkatan kesejahteraan pasalnya sekitar 19 ribu Kepala Keluarga di Kabupaten Pesisir Selatan berprofesi sebagai nelayan dengan pendapatan terbilang rendah.

baca juga: Hanyut Saat Menyeberang Sungai, Empat Ditemukan Meninggal dan Satu Masih Dalam Pencarian

"Pengembangan pola dan penyusunan peraturannya diinstruksikan langsung oleh bupati. Wujud dari program ini adalah penerapan delapan nilai program nelayan sejahtera," katanya pada KLIKPOSITIF pada Kamis, 29 September 2016.

Ia menjelaskan delapan nilai yang akan dikembangkan itu diantaranya yakni semangat kerja nelayan , jujur, hemat, memiliki tabungan, kesehatan yang baik, pendidikan untuk keluarga, lingkungan terpelihara, dan memiliki kepedulian terhadap sesama,"Program ini nanti akan diperkuat oleh Peraturan Gubernur, kita masih menyusunnya," ujar Yozki.

baca juga: Dorongan Agar Susi Jadi Menteri KKP Lagi Semakin Kencang, Analis: Masuk Akal

Sejauh ini, kata Yozki pelaksanaan program itu sudah mulai dilancarkan pada kelompok nelayan . Secara merata dengan jumlah 13 koperasi kelompok nelayan yang ada di daerah ini akan bisa tersentuh dengan program strategis Pro Gakin (Program Gerakan Anti Kemiskinan Nelayan ) secara bertahap.

"Satu hari jalannya program ini, kebiasaan menabung bagi nelayan sudah mulai tumbuh, di antaranya bahkan sudah ada yang mulai menabung. Terkait pengelolaan tabungan pemerintah bekerjasama dengan Bank Perkreditan Rakyat (BPR)," pungkasnya kemudian.

baca juga: Hari Ini Kasus Positif COVID-19 di Pessel Bertambah 11 Orang, Total Jadi 695 Orang


[Kiky Julnasri Priatama]

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa