IHSG Mengalami Penguatan di Hari Pertama PSBB Total Jakarta

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Hari ini Senin, 14 September merupakan hari pertama penerapan PSBB di Jakarta di mana Indeks Harga Saham Gabungan ( IHSG ) dibuka rebound usai anjlok lebih dari 4 persen pada pekan lalu.

Dilansir dari data RTI, IHSG diawal pra perdagangan langsung menguat 0,86 persen atau naik 43 poin ke level 5.060. saat perdagangan tepat dibuka pukul 09:00 Wib, IHSG makin tinggi terbangnya ke level 5.076 dengan menguat 1,19 persen atau naik 59 poin. Begitu juga dengan indeks LQ45 yang naik 11 poin atau 1,4 persen menuju level 789.

Analis pasar modal dari MNC Sekuritas Edwin Sebayang mengatakan, ada peluang besar IHSG melanjutkan penguatannya dalam perdagangan Senin ini merujuk kombinasi penerapan PSBB kali ini yang lebih "longgar" ketimbang PSBB sebelumnya. Tak hanya itu sentimen naiknya Indeks Dow Jones sebesar 0,48 persen dan EIDO 2,47 persen serta naiknya beberapa harga komoditas menjadi sentimen positif IHSG pada perdagangan sepanjang hari ini.

baca juga: Sambut Pilkada, Hotel di Batusangkar Ini Sediakan Paket Sumarak Pilkada

" IHSG kami perkirakan bergerak pada 4.981 - 5.064 adapun saham -saham yang kami rekomendasikan hari ini adalah BBRI GGRM BBNI JPFA MBAP UNVR INDF TLKM KLBF MYOR," kata Edwin dalam analisanya, Senin (14/9/2020).

Sementara itu, mayoritas bursa saham di developed economies bergerak menguat. Bursa saham benua kuning bergerak menguat pada perdagangan Jumat kemarin. Indeks Hang Seng ditutup menguat sebesar 0,78 persen lalu indeks Shanghai dan Indeks Kospi masing-masing ditutup menguat sebesar 0,79 persen dan 0,01 persen.

baca juga: DPR: Pemerintah Perlu Petakan Potensi Usaha Mikro Berbasis Laut

Sementara itu, Dow Jones ditutup menguat sebesar 0,48 persen di level 27,665 hal ini sejalan dengan penguatan S&P 500 sebesar 0,05 persen. Wall Street selama sepekan ditutup melemah 1,66 persen hal ini di dorong oleh koreksi saham tekonologi serta pengembangan vaksin AstraZaneca yang memutuskan untuk menghentikan sementara waktu uji klinis tahap akhirnya setelah salah satu relawan mengalami gangguan syaraf yang serius.Dari pasar komoditi, harga CPO melemah sebesar 0,59 persen harga nikel menguat 1,77 persen dan harga Coal menguat 2,01 persen. Pada perdagangan sebelumnya, IHSG ditutup menguat sebesar 2,56 persen ke level 5.016. Sentimen penggerak pasar hari ini diantaranya bursa saham AS yang ditutup menguat membawa kabar positif untuk perdagangan hari ini.

Selain itu kebijakan moneter The Fed yang akan diumumkan pada pekan ini, sementara dari vaksin AstraZeneca yang kembali melanjutkan uji klinis nya, terakhir dari kebijakan PSBB total yang dinilai tidak seketat dengan periode bulan Maret lalu.

baca juga: Kemenperin Nilai Pengolahan Limbah Topang Daya Saing Industri

Editor: Ramadhani