Rupiah Menguat dalam Transaksi Pagi Ini

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Pergerakan nilai tukar rupiah mengalami penguatan terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada hari ini Rabu (16/9/2020).

Dari data Bank Indonesia (BI) kurs tengah acuan Jakarta Interbank Spot Dolar Rate/Jisdor rupiah menguat sebesar 26 poin ke level Rp 14.844 dari posisi sebelumnya di level Rp 14.870 per dolar AS. Sedangkan data Bloomberg Dolar Index, di pasar spot exchange berada di level Rp 14.820 per dolar AS atau menguat 25,5 poin (0,17 persen) dibandingkan perdagangan sebelumnya.

baca juga: Setelah Alami Penurunan Beruntun, Harga Emas Batangan Kembali Naik

Transaksi rupiah pagi ini diperdagangkan dalam kisaran Rp 14.790 - Rp 14.820 per dolar AS. Meski menguat, Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan, pergerakan nilai tukar rupiah sepanjang hari ini diprediksi akan melemah terhadap dolar AS.

"Pasar keuangan terlihat dalam mode menunggu menjelang pengumuman hasil rapat Bank Sentral AS dini hari nanti," kata Ariston dalam analisanya.

Sebelumnya, dolar AS tertekan karena ekspektasi kebijakan The Fed masih akan lebih longgar untuk membantu memulihkan ekonomi AS di masa pandemi. " Rupiah berpotensi tertekan dengan kisaran Rp 14.800 - Rp 14.900," prediksinya.

baca juga: Usai Turun ke Level Terendah, Harga Emas Dunia Mulai Bangkit

Editor: Ramadhani