Harga Tanaman Ini Disebut Sampai Rp100 Juta, Apa Istimewanya?

Tanaman Janda Bolong
Tanaman Janda Bolong (Net)

KLIKPOSITIF - Tanaman hias janda bolong makin digemari masyarakat. Bahkan selama pandemi Covid-19 harga tanaman tersebut terbilang fantastis.

Tanaman hias satu ini memang tengah menjadi perbincangan masyarakat. Hal itu disebabkan, satu pot tanaman ini bisa dijual sampai Rp 100 juta!

baca juga: Tiba di Arab Saudi, JK Bahas Pembangunan Museum Sejarah Nabi Muhammad SAW

Bahkan, disebutkan pula, jika daun dari tanaman hias dengan nama latin Monstera Adansonii Variegata ini juga laku dijual per lembar dengan harga mencapai Rp15 jutaan.

Sehubungan dengan itu Dikutip dari laman Ketik.unpad.ac.id, alasan mahalnya harga Tanaman hias Janda Bolong atau monstera menurut Dosen Fakultas Pertanian Unpad Syariful Mubarok Ada beberapa faktor.

baca juga: Polisi Sebut Kebakaran Kejagung Karena Puntung Rokok, Ini Respon Kompolnas

Bentuk tanaman Monstera yang memiliki keindahan pada daunnya yang memiliki lubang. Terutama pada jenis Variegata ini yang memiliki warna unik pada daun yaitu hijau putih, maka tidak heran dapat bernilai jual tinggi.

Menurut Pria yang bergelut di Departemen Budidaya Tanaman ini menyatakan bahwa harganya yang melambung naik bukan karena teknik budidayanya yang sulit.

baca juga: Wanita Wajib Tahu, Ini 7 Tips Menghindari Pembelian Kosmetik Palsu

"Nilai jual Janda Bolong yang mencapai ratusan juta tersebut merupakan bentuk dari permainan harga semata. Sebenarnya peningkatan atau naiknya harga yang drastis bukan akibat dari sulitnya teknik budidaya yang dilakukan, ini hanya sebatas dari permainan dagang atau harga untuk tanaman hias," jelas Syariful seperti dikutip laman ketik.unpad.a.c.id.

Ia menambahkan bahwa fenomena ini pernah terjadi pula pada sekitar tahun 2007. Pada saat itu kenaikan harga fantastis pun pernah dialami oleh Anthrium Gelombang Cinta.

baca juga: Jenguk Hamzah Haz, Jimly Ungkap Kondisi Mantan Wapres

"Jika sudah banyak yang produksi tanaman ini, maka akan mengakibatkan harga di pasaran menjadi turun drastis. Saya pun menakutkan hal tersebut terjadi pada monstera ini, setelah banyak dibudidayakan dan jumlahnya meningkat di masyarakat mengakibatkan harganya turun," ujar Syariful yang merupakan pengajar produksi tanaman hias ini.

Nah, kamu pasti penasaran kan, apa sih istimewanya tanaman hias satu ini sampai memiliki harga jual yang fantastis?

Berikut daftar keistimewaan tanaman hias janda bolong , yang telah KLIKPOSITIF lansir dari berbagai sumber.

1. Daunnya menyimpan kemewahan

Ciri khas janda bolong adalah lubang-lubang yang terdapat pada helai daunnya yang menjari.

Para peneliti berspekulasi bahwa lubang-lubang tersebut terbentuk karena monstera mengalami preforasi (proses pelubangan akibat tetesan air) yang cukup intens. Lubang itu pula yang membuatnya dinamai janda bolong .

Pada daunnya, si janda bolong menaruh kemilau yang tampak mewah. Sehingga saat dipandang menimbulkan kepuasan tersendiri bagi yang memandangnya.

2. Mudah dirawat

Tanaman berjenis Monstera ini cenderung lebih mudah dirawat. Dengan kondisi cahaya yang minim dan 1-2 kali penyiraman dalam satu minggu, tanaman ini tetap bisa berkembang dengan baik.

Selain itu, janda bolong cenderung tangguh dari berbagai hama dan penyakit.

3. Dapat memperbaiki kualitas udara

Dari hasil penelitian ternyata tanaman janda bolong dapat memperbaiki kualitas udara di dalam ruangan. Konon, tanaman ini juga dikenal mampu mendatangkan suasana kesejukan hutan hujan tropis ke dalam ruangan.

Bahkan, tanaman ini juga memiliki otot yang disebut sebagai geniculum, berada di persimpangan antara helai dan tangkai daun. Otot tersebut yang membuat tanaman ini bisa mencari letak cahaya matahari.

4. Simbol kesejahteraan

Sebagai tanaman rambat yang dapat tumbuh pesat secara vertikal, tanaman ini juga dapat 'menumpang'dengan mudah pada pohon atau medium lain.

Alasan inilah yang membuat janda bolong dipercaya sebagai simbol kesejahteraan, kemakmuran, dan umur panjang oleh masyarakat Tiongkok.

5. Bisa jadi investasi menggiurkan

Melihat tren yang tengah diminati saat ini dan harganya yang terus melonjak, mengoleksi Monstera bisa menjadi salah satu investasi. Apalagi, jika kamu tertarik membudidayakannya

Apalagi kini, janda bolong kian langka di pasaran, sementara peminatnya terus bertambah.

Editor: Eko Fajri