Akibat Pandemi, Menperin Sebut Penjualan Mobil di 2020 Turun 50 Persen

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang mengatakan penjualan kendaraan roda empat, diprediksi turun hingga 50 persen dari tahun sebelumnya.

"Tahun 2020, penjualan KBM (kendaraan bermotor) roda 4 atau lebih. Secara nasional diprediksi turun sekitar 40-50 persen dari tahun sebelumnya," ujar Menperin dalam sambutannya di ajang Indonesia Modification Expo (IMX) 2020

Dia mengungkapkan industri otomotif merupakan salah satu sektor yang terdampak cukup besar akibat pandemi Covid-19. Namun dengan adanya pelonggaran atau peralihan menuju kenormalan baru, daya beli masyarakat perlahan mulai pulih. Pada juli penjualan KBM roda empat atau lebih tercatat sebesar 25.200 unit atau naik 100 persen dari bulan sebelumnya"Penjualan Agustus mencapai 37,200 unit atau naik 47 persen dari bulan Juli," ucapnya.

baca juga: Nadiem Sebut Tak Mungkin Ubah Sistem Pendidikan dalam 5 Tahun

Pada 2019, produksi KBM roda 4 sebesar 1,28 jtua unit dengan total nilai investasi mencapai Rp 92,87 triliun. Dan menyerap 1,5 juta tenaga kerja di dalam ekosistem kend bermotor.

Indonesia menjadi pasar terbesar kendaraan bermotor di ASEAN, dengan kontribusi sebesae 32 persen dari total 9 negara ASEAN dan menjadi negara eksportir kendaraan CBU, kepada lebih dari 80 negara tujuan ekspor. Dengan lima negara tujuan ekspor utama, yaitu Filipina, Saudi Arabia, Jepang, Meksiko, dan Vietnam.

baca juga: Kasus Korupsi Edhy, Prabowo Disebut Sedang Dilema

Demikian juga industri KBM roda dua dan roda tiga, pada 2019 mencapai 7,29 juta unit. Di mana 810 ribu unit untuk pasar ekspor. "Sektor industri kendaraan bermotor juga menjadi salah satu sektor prioritas dari 7 sektor unggulan industri 4.0," tutup Menperin.

Editor: Ramadhani