Ingin Mendapat Gaji Tinggi, Ini Daftar Pekerjaannya

Pertambangan merupakan salah satu sektor dengan pekerjaan bergaji tinggi
Pertambangan merupakan salah satu sektor dengan pekerjaan bergaji tinggi (net)

KLIKPOSITIF - Terdapat banyak bidang pekerjaan atau profesi yang bisa digeluti. Namun tidak semua profesi tersebut bisa memberikan Anda gaji yang tinggi. Pasalnya banyak faktor yang membuat seseorang bisa menerima gaji tinggi dalam menjalani suatu pekerjaan .

Dilansir dari Suara.com berikut ini adalah beberapa daftar profesi atau pekerjaan dengan gaji tinggi 2020 di Indonesia:

baca juga: Jelang Akhir Pekan Harga Emas Batangan Turun Lagi

Ahli Teknik Perminyakan

Staff di industri perminyakan memang sudah lama diketahui sebagai salah satu profesi dengan gaji tinggi di Indonesia. Tidak heran kalau ada banyak orang yang berlomba-lomba untuk mendapatkan posisi tersebut. Sebagai contohnya, PT. Pertamina yang merupakan perusahaan minyak nasional menawarkan rata-rata gaji untuk para fresh graduate sebesar Rp 8 juta sampai dengan Rp 15 juta per bulan.

baca juga: Usai Terpuruk, Harga Minyak Dunia Berbalik Naik

Pertambangan

Pertambangan juga sangat diminati di Indonesia, terutama jika bisa bergabung dengan PT Freeport Indonesia. Namun sayangnya, Anda harus kuat dan betah kerja jauh dari rumah. Hal ini akan sebanding dengan gaji yang akan Anda dapatkan. Sebagai seorang lulusan baru fakultas teknik, Anda bisa mendapatkan gaji Rp 10 juta hingga Rp 40 juta per bulan. Kisaran gaji tertinggi dipegang oleh chief operating officer dengan penghasilan sebesar Rp 150 juta hingga Rp 300 juta per bulan.

Dokter Spesialis

Seorang dokter apalagi dokter spesialis ternyata juga digaji dengan nilai yang cukup tinggi. Dokter spesialis di rumah sakit swasta digaji mulai dari angka Rp 50 juta per bulan. Namun jumlah tersebut jauh berbeda dengan rumah sakit pemerintah yang memberikan gaji dokter spesialis sebesar Rp 10 juta per bulan dan Rp 4,8 juta per bulan untuk dokter umum.

Information Technology (IT) Specialist

baca juga: Dolar Menguat, Emas Dunia Turun Lagi

IT specialist merupakan salah satu profesi dengan gaji terbesar di Indonesia, apalagi mereka yang bekerja di perusahaan yang besar. Sebagai software engineering misalnya, Anda bisa mendapatkan gaji berkisar antara Rp 3,5 juta hingga Rp 15 juta, tergantung pengalaman kerja. Selanjutnya, Anda bisa menjadi IT project lead dengan gaji Rp 15 juta sampai Rp 35 juta. Bisa juga sebagai country manager dengan gaji antara Rp 125 juta hingga Rp 250 juta.

Human Resources Manager (Manajer HRD)

baca juga: Optimalkan EBT, Menteri ESDM: Transisi Energi Mutlak Diperlukan

Berdasarkan data survei yang pernah dilakukan, penghasilan seorang manajer HRD juga bisa mencapai angka di atas Rp 30 juta. Di perusahaan Kalbe Farma misalnya, gaji seorang manajer HRD bisa mencapai angka Rp 32,5 juta per bulan. Sementara di PT. Indofood, seorang manajer HRD memiliki penghasilan Rp 55 juta per bulannya.

Editor: Ramadhani