Facebook Berikan Bantuan untuk Usaha Kecil, Begini Cara Mendapatkannya

Facebook
Facebook (net)

KLIKPOSITIF - Facebook membuat program "Small Business Grants Programe". Program ini berupa bantuan untuk bisnis kecil atau UMKM yang terdampak akibat wabah global COVID-19, termasuk di Indonesia.

Facebook memutuskan untuk menawarkan USD 100 juta dalam bentuk hibah tunai dan kredit iklan untuk membantu selama masa sulit ini.

baca juga: Sambut Pilkada, Hotel di Batusangkar Ini Sediakan Paket Sumarak Pilkada

Facebook mengungkapkan bantuan hibah akan diberikan kepada 30.000 bisnis kecil yang memenuhi syarat di lebih dari 30 negara. Agar memenuhi syarat untuk melamar program ini, berikut syaratnya:

-Memiliki antara 2 dan 50 karyawan

baca juga: DPR: Pemerintah Perlu Petakan Potensi Usaha Mikro Berbasis Laut

-Telah menjalankan bisnis selama lebih dari setahun

-Pernah mengalami gangguan keuangan akibat COVID-19

baca juga: Kemenperin Nilai Pengolahan Limbah Topang Daya Saing Industri

-Berada di atau dekat lokasi tempat Facebook beroperasi

Untuk memeriksa apakah wilayah Anda memenuhi syarat, atau untuk mendaftar pembaruan email saat aplikasi dibuka, Anda bisa melihat cara mendaftar langsung di situs facebook .com.

baca juga: Akhir Pekan, Emas Batangan Kembali Naik Harga

Jadwal dan Cara Daftar Bantuan UKM dari Facebook

Khusus untuk pemilik Usaha kecil di Indonesia dapat mengajukan lamaran antara 6 Oktober - 2 November 2020. Di Indonesia, Facebook menawarkan hibah sekitar Rp 12.500.000.000 untuk sekitar 400 usaha kecil yang memenuhi syarat.

Setiap hibah berjumlah sekitar Rp 31.017.300 yang terdiri dari Rp 19.385.800 dalam bentuk tunai dan Rp 11.631.500 dalam bentuk kredit iklan opsional untuk membantu selama masa sulit ini. Hibah tersedia untuk bisnis kecil yang memenuhi syarat yang terdaftar di Indonesia.

Facebook tidak mewajibkan pemilik bisnis kecil untuk memiliki akun Facebook untuk mendaftar. Harap dicatat bahwa Anda harus secara fisik berada di negara Indonesia untuk mengakses formulir aplikasi.

Kalau Anda merupakan pemilik bisnis kecil atau UKM dan ingin mendapatkan hibah dari facebook , maka Anda harus menyiapkan dokumen-dokumen berikut:

-Akta Pendirian badan usaha

-Akta Perubahan Terakhir (Serahkan hanya jika ada perubahan struktur direksi yang berlaku bagi Anda sebagai pemohon) badan usaha Anda

-Tanda Daftar Perusahaan (TDP) atau Nomor Induk Berusaha (NIB) dari badan usaha Anda

Kunjungi situs [ Facebook for Bussiness] untuk informasi lebih lanjut.

Editor: Ramadhani