Transaksi Rabu, Rupiah Masih Bergerak Menguat

Rupiah
Rupiah (net)

KLIKPOSITIF - Nilai tukar rupiah pada Rabu (4/11/2020) dibuka menguat dibanding penutupan Selasa kemarin. Dilansir dari Bloomberg, rupiah dibuka menguat di level Rp 14.517 per dollar AS dibanding penutupan Selasa kemarin yang berada di level Rp 14.585 per dollar AS.

Penguatan itu berlanjut, terpantau pada pukul 09.25 WIB rupiah menguat dari pembukaan di level Rp 14.514 per dollar AS. Menurut Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra, penguatan ini karena nilai tukar dollar AS semalam melemah mengikuti sentimen pasar yang kembali masuk ke aset berisiko.

baca juga: Minyak Dunia Kembali Bergeliat Dampak Impor China

Hal ini karena pasar mengantisipasi kemungkinan kemenangan Biden dalam pilpres AS dengan poling-poling terbaru. "Hari ini hasil perhitungan suara sudah mulai masuk dan pasar akan bereaksi dengan hasil tersebut," ujar Ariston dalam riset hariannya, Rabu (4/11/2020).

Ariston menuturkan, perhitungan suara yang ketat akan mendorong pasar berhati-hati dan keluar dari aset berisiko. Dan ini bisa melemahkan nilai tukar rupiah hari ini terhadap dollar AS.

baca juga: Komentar Jerome Powell Berpengaruh Terhadap Harga Emas Dunia yang Kembali Naik

Editor: Ramadhani