Kemenangan Joe Biden Bawa Angin Segar untuk Perekonomian Indonesia

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Kemenangan Joe Biden dalam pemilihan Presiden Amerika Serikat diprediksi bakal membawa angin segar bagi dunia, termasuk juga bagi perekonomian Indonesia.

Peneliti Indef Andry Satrio Nugroho mengatakan, salah satu keuntungan yang bisa diambil pemerintah adalah makin meningkatnya Foreign Direct Investment (FDI) atau investasi langsung negeri Paman Sam tersebut ke tanah air. "FDI AS di beberapa negara akan meningkat, termasuk rencana untuk investasi di Indonesia," kata Andry dalam sebuah diskusi virtual, Minggu, 8 November 2020.

baca juga: Kemenperin Nilai Pengolahan Limbah Topang Daya Saing Industri

Ia mengatakan kebijakan Joe Biden yang bakal menaikkan corporate tax menjadi 28 persen dari 21 persen bagi perusahaan dari luar AS bisa mendorong FDI AS di negara-negara berkembang. "Ini yang perlu jadi perhatian," katanya.

Selain itu Andry bilang, dengan terpilihnya Joe Biden sebagai orang nomer satu di AS juga bakal berdampak pada kegiatan ekspor Indonesia, meskipun selama ini neraca dagang Indonesia selalu suprlus dengan AS. "Ada peluang untuk meningkatkan ekspor ke AS, terutama produk-produk non-migas ke Amerika Serikat," katanya.

baca juga: Mantan Pemain Real Madrid Ini Dikabarkan Bangkrut

Joe Biden memenangkan Pemilu Amerika 2020 mengalahkan Presiden Donald Trump dalam Pilpres AS. Joe Biden menjadi presiden Amerika Serikat ke-46. Total suara elektor yang diraih Joe Biden tembus 270 setelah menang di Pennsylvania. Menurut peta AP pada Sabtu 7 November 2020 atau Minggu pagi waktu Jakart, Joe Biden meraih 284. Sedangkan Trump mendapatkan 214 suara.

Editor: Fitria Marlina