Rupiah Dibuka Stagnan Terhadap Dolar AS

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Nilai tukar rupiah masih tertahan atau stagnan terhadap dollar AS pada transaksi Rabu ini (18/11/2020). Dilansir dari data Bloomberg, rupiah dibuka stagnan di level Rp 14.055 per dollar AS dibanding penutupan Selasa kemarin yang berada di level Rp 14.055 per dollar AS.

Menurut Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra, sentimen pergerakan instrumen beragam. Ada yang positif dan ada yang negatif. Sentimen negatif berasal dari meningkatkan kasus covid-19 di beberapa negara.

"Peningkatakan kasus ini menutupi sentimen positif karena laporan pengembangan vaksin covid-19," ujar Ariston dalam riset hariannya, Rabu (18/11/2020).

Akan tetapi, dari dalam negeri, sentimen positif yang ada diantaranya, surplus neraca perdagangan bulan Oktober, proyeksi pertumbuhan positif ekonomi Indonesia di kuartal ke-empat, dan proyeksi BI akan menahan suku bunga acuannya sehingga tingkat imbal hasil aset rupiah masih menarik di mata investor. "Sentimen positif dalam negeri tersebut mungkin bisa menahan sentimen negatif dari eksternal," ucap dia.

Baca Juga

Editor: Ramadhani