Minyak Dunia Alami Penurunan Harga Akibat Stok Melimpah

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Harga minyak dunia kembali alami penurun akibat cadangan minyak mentah Amerika Serikat meningkat. Dilansir dari CNBC, Rabu (18/11/2020) harga minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Desember 2020 turun 15 sen menjadi 41,43 dollar AS per barel di New York Mercantile Exchange.

Sedangkan harga minyak mentah Brent untuk pengiriman Januari 2021 melorot 7 sen menjadi 43,75 dollar AS per barel di London ICE Futures Exchange. Menurut laporan yang dirilis American Petroleum Institute (API), cadangan minyak AS diperkirakan meningkat 4,174 juta barel pekan lalu. Perkiraan peningkatan tersebut melampaui ekspektasi para analis peningkatan hanya 1,7 juta barel.

baca juga: Kemenperin Nilai Pengolahan Limbah Topang Daya Saing Industri

Brent ditutup di level tertinggi 10 pekan setelah pengumuman Moderna bahwa vaksin virus corona yang dikembangkannya efektif 94,5 persen. Itu mengikuti berita serupa dari Pfizer minggu lalu. Tetapi prospek ekonomi jangka pendek tetap buram dengan beberapa negara Eropa memperketat pembatasan karena kasus virus corona melonjak.

Guna mengatasi permintaan energi yang melemah di tengah gelombang kasus virus korona, Arab Saudi meminta sesama anggota OPEC Plus agar fleksibel dalam menanggapi kebutuhan pasar minyak karena meningkatnya kebutuhan untuk kebijakan produksi yang lebih ketat pada 2021.

baca juga: Mantan Pemain Real Madrid Ini Dikabarkan Bangkrut

Opsi yang mendapatkan dukungan di antara negara-negara OPEC Plus adalah mempertahankan pemotongan yang ada sebesar 7,7 juta barel per hari (bph) selama tiga hingga enam bulan ke depan, kata narasumber, ketimbang memangkas pengurangan menjadi 5,7 juta bph pada Januari.

Editor: Ramadhani