Penguatan Dolar dan Kabar Vaksin Dorong Pelemahan Emas Dunia

Emas
Emas (net)

KLIKPOSITIF - Harga emas dunia kembali turun sebanyak 1 persen karena penguatan dollar AS. Selain itu progres dalam pengembangan vaksin Covid-19 mendorong harapan pemulihan ekonomi yang lebih cepat.

Dilansir dari CNBC, Jumat (20/11/2020) harga emas di pasar spot turun 0,4 persen menjadi 1.863,81 dollar AS per ounce, setelah mencapai level terendah sejak 9 November di 1.851,83 dollar AS per ounce. Sementara, emas berjangka Amerika Serikat ditutup 0,7 persen lebih rendah menjadi 1.861,50 dollar AS per ounce.

baca juga: Sambut Pilkada, Hotel di Batusangkar Ini Sediakan Paket Sumarak Pilkada

Emas cenderung mendapatkan keuntungan dari stimulus ekonomi karena dianggap sebagai lindung nilai terhadap inflasi dan penurunan nilai mata uang yang dapat dipicunya. Optimisme atas kemajuan dalam pengembangan vaksin virus corona juga mengurangi daya tarik emas .

Kenaikan tak terduga dalam klaim pengangguran Amerika yang terbaru juga tidak membantu menopang emas . Logam lainnya, perak anjlok 1,2 persen menjadi 24,02 dollar AS per ounce. Platinum stabil di 942,78 dollar AS per ounce, sementara paladium turun 0,2 persen menjadi 2.325,15 per ounce dollar AS

baca juga: DPR: Pemerintah Perlu Petakan Potensi Usaha Mikro Berbasis Laut

Editor: Ramadhani