IHSG Dibuka Menguat di Awal Desember

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Awal Desember ini, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka menguat ke level 5.637. Sebelumnya pada perdagangan kemarin ditutup melemah di level 5.612.

Dilansir dari data RTI, IHSG di awal pra perdagangan naik 25 basis poin ke level 5.637 atau menguat 0,45 persen. Setelah dibuka tepat pukul 09:00 Wib, laju IHSG makin terbang tinggi dengan terus naik sampai level 5.676 atau bertambah 64 basis poin atau menguat 1,15 persen.

baca juga: Ini 8 Janji Komjen Listyo Jika Jadi Kapolri

Sementara itu indeks LQ45 juga dibuka ikutan menghijau pada awal pra perdagangan indeks ini naik 7 basis poin atau menguat 0,80 persen menuju level 890. Terpantau, sebanyak 178 saham menguat, 60 saham melemah dan 145 saham belum ditransaksikan.

Kepala Riset MNC Sekuritas Edwin Sebayang mengatakan, laju IHSG sepanjang hari ini diprediksi masih akan melanjutkan pelemahan pada perdagangan Selasa. "IHSG berpotensi melemah tipis seiring bursa saham global yang juga tertekan. Lihat saja, Indeks Dow Jones yang terkoreksi 0,91 persen dan EIDO melemah 4,06 persen pada penutupan perdagangan di sesi sebelumnya," ucapnya.

baca juga: Simbol SOS di Pulau Laki, Ini Dugaan Kuat Roy Suryo

Selain itu, harga sejumlah komoditas juga melemah di awal pekan ini. "Satu-satunya komoditas yang harganya menguat dalam pantauan adalah batubara," kata Edwin.

Edwin pun melihat, hal tersebut berpotensi mengerek saham di bawah komoditas batubara seperti ITMG, ADRO, PTBA, HRUM, INDY dan UNTR.

baca juga: Muncul Tanda SOS di Pulau Laki Diduga Ada Korban Sriwija Air Selamat, Basarnas Tidak Mau Berspekulasi

Editor: Ramadhani