Paket Stimulus AS Dorong Kenaikan Emas Dunia

Emas
Emas (net)

KLIKPOSITIF - Harga emas menguat mendekati level tertingginya imbas sentimen positif prospek paket bantuan virus corona Amerika yang menjadi motor penguatan logam mulia tersebut. Dilansir dari CNBC, Kamis (3/12/2020) harga emas di pasar spot naik 0,7 persen menjadi 1.827,63 dollar AS per ounce, di awal sesi, emas spot melejit ke 1.832,20 dollar AS per ounce.

Sementara itu, emas berjangka Amerika Serikat ditutup menguat 0,6 persen menjadi 1.830,20 dollar AS per ounce. Pejabat tinggi ekonomi AS mendesak Kongres untuk memberikan lebih banyak bantuan bagi UKM guna mengatasi pandemi. "Pertumbuhan ekonomi AS melambat karena penyebaran virus corona dan bantuan fiskal memudar," ungkap Presiden Federal Reserve Philadelphia, Patrick Harker.

Emas sudah melambung lebih dari 20 persen sejauh tahun ini, cenderung mendapat manfaat dari langkah-langkah stimulus karena secara luas dipandang sebagai lindung nilai terhadap inflasi dan penurunan nilai mata uang yang dapat dihasilkan dari stimulus tersebut. "Stimulus itu akan mendorong beberapa permintaan fisik, memicu gagasan tentang inflasi harga yang bermasalah dalam beberapa bulan mendatang," kata analis Kitco Metals, Jim Wyckoff.

Namun, kenaikan emas mulai memudar terbebani optimisme atas rebound ekonomi yang didorong oleh efektivitas vaksin. Inggris menjadi negara pertama yang menyetujui vaksin Covid-19 Pfizer-BioNTech. Logam lainnya, perak turun 0,2 persen menjadi 23,96 dollar AS per ounce. Platinum melonjak 1 persen menjadi 1.009,90 dollar AS per ounce dan paladium melemah 0,4 persen menjadi 2.397,63 dollar AS per ounce.

Baca Juga

Editor: Ramadhani