Minyak Dunia Bergerak Naik Usai OPEC Tingkatkan Produksi

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Harga minyak mentah meningkat ke level tertingginya di tengah harapan baru untuk kesepakatan stimulus Amerika dan setelah produsen utama setuju untuk meningkatkan produksi sebesar 500.000 barel per hari (bph) dari Januari.

Artinyatotal produksi minyak Organisasi Negara Eksportir Minyak (OPEC) dan Rusia, kelompok yang dikenal sebagai OPEC Plus, akan menjadi 7,2 juta barel per hari. OPEC Plus diperkirakan memperpanjang pemotongan yang ada hingga setidaknya Maret, setelah mundur dari rencana sebelumnya untuk meningkatkan output sebesar 2 juta bph.

baca juga: Kemenag Perpanjang Kebijakan Keringanan UKT PTKIN

Dilansir dari CNBC, Jumat (4/12/2020) harga minyak mentah berjangka Brent, patokan internasional, ditutup menguat 46 sen, atau 1,0 persen, menjadi 48,71 dollar AS per barel, sementara minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI), patokan Amerika Serikat, naik 36 sen, atau 0,8 persrn, ke penutupan tertinggi satu pekan di 45,64 dollar AS per barel.

Itu adalah settlement tertinggi bagi Brent sejak 5 Maret sebelum sebagian besar negara memberlakukan lockdown guna menghentikan penyebaran virus corona. Harapan untuk persetujuan vaksin Covid-19 yang cepat mendorong reli harga minyak pada akhir November - Brent melonjak 27 persen pada November - beberapa produsen OPEC Plus mulai mempertanyakan perlunya mempertahankan kebijakan minyak yang ketat, seperti disarankan pemimpin de facto OPEC, Arab Saudi.

baca juga: Dirotasi PDIP ke Komisi VII, Ribka: 17 Tahun Urus Orang Sakit, Sekarang Urus Minyak

Harga yang lebih tinggi juga mendorong produsen Amerika, pekan lalu, guna meningkatkan produksi selama tiga minggu berturut-turut untuk pertama kalinya sejak Mei 2019.

Editor: Ramadhani