Transaksi Rabu, IHSG Kembali Dibuka di Jalur Hijau

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada hari ini Rabu (16/12/2020) kembali mengalami penguatan. Terpantau IHSG menguat ke level 6.046 setelah sebelumnya pada perdagangan kemarin ditutup melemah di level 6.010.

Dilansir dari data RTI, IHSG di awal pra perdagangan IHSG naik 36 basis poin ke level 6.046 atau menguat 0,61 persen. Setelah dibuka tepat pukul 09:00 Wib, laju IHSG makin terbang tinggi dengan terus naik sampai level 6.066 atau telah bertambah 55 basis poin atau menguat 0,93 persen.

baca juga: Investor Makin Hati-Hati, Harga Emas Dunia Kembali Melemah

Sementara itu indeks LQ45 juga dibuka ikutan menghijau pada awal pra perdagangan indeks ini naik 9,6 basis poin atau menguat 1,02 persen menuju level 956. Sebanyak 201 saham menguat, 26 saham melemah dan 128 saham belum ditransaksikan.

Kepala Riset MNC Sekuritas Edwin Sebayang mengatakan, laju IHSG sepanjang hari ini bakal terdorong menguat karena adanya sejumlah sentimen positif, diantaranya optimisme akan disetujuinya Paket Stimulus oleh Kongres AS. "Itu berpotensi menjadi sentimen positif pendorong penguatan IHSG Rabu ini," kata Edwin dalam analisanya.

baca juga: Naik Lagi, Minyak Dunia Capai Level Tertinggi

Tak hanya itu naiknya harga beberapa komoditas seperti minyak, batubara, emas dan nikel juga berpotensi menjadi katalis pendorong naik saham berbasis komoditas tersebut. "IHSG kami perkirakan bergerak pada 5.956 - 6.047 adapun saham-saham yang kami rekomendasikan hari ini adalah TLKM, PGAS, ANTM, ASII, PURA, TINS, SMGR, MDKA, CPIN dan ERAA," paparnya.

Editor: Ramadhani