Jokowi Divaksin, IHSG Bergerak Menguat

Presiden Joko Widodo
Presiden Joko Widodo (net)

KLIKPOSITIF - Presiden Joko Widodo telah menjalani vaksinasi pertama hari ini, Rabu (13/1/2021). Merespon hal tersebut, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak di zona hijau.

Dilansir dari data RTI, IHSG menguat 43 basis poin ke level 6.426 atau menguat 0,67 persen dibandingkan penutupan kemarin di level 6.393. Setelah dibuka tepat pukul 09:00, laju IHSG makin melambung ke level 6.453 atau telah bertambah 58 basis poin dengan penguatan sebesar 0,91 persen.

baca juga: Berdampak Pembekuan Darah, Sejumlah Negara Dunia Stop Pakai Vaksin Johnson & Johnson

Sementara itu indeks LQ45 juga dibuka ikutan menghijau, pada awal pra perdagangan indeks ini naik 11,7 basis poin atau menguat 1,18 persen menuju level 1.008.

Sebanyak 180 saham menguat, 29 saham melemah dan 138 saham belum ditransaksikan. Meski menguat, Presiden Direktur Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya mengatakan, pergerakan IHSG akan terkonsolidasi sepanjang perdagangan hari ini.

baca juga: Sumbangkan Darahnya Untuk Diproses Menjadi Vaksin Nusantara, Ini Komentar Gatot Nurmantyo

Dia memperkirakan IHSG akan bergerak di rentang 6.446 hingga 6.411. "Jika IHSG tidak dapat dipertahankan di atas resistance level terdekat, maka peluang koreksi wajar semakin terbuka lebar," ujar William dalam analisanya.

Di sisi lain, potensi kenaikan jangka pendek saat ini sudah terbatas. William menambahkan, fluktuasi nilai tukar rupiah serta harga komoditas juga akan turut mewarnai pergerakan IHSG hingga beberapa waktu mendatang.

baca juga: Riset: Seseorang yang Kurang Aktivitas Fisik Berpotensi Alami Gejala Lebih Parah Jika Terpapar Covid-19

Dia pun menyarankan investor untuk mencermati saham-saham seperti SMRA, BBRI, ITMG, ASRI, MYOR, JSMR, dan TBIG.

Editor: Ramadhani