Jelang Akhir Pekan, Rupiah Kian Tertekan Akibat Pandemi

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF -Nilai tukar rupiah pada Jumat pagi ini (19/2/2021) bergerkan melemah. Rupiah dibuka melemah dibandingkan penutupan Kamis kemarin.

Berdasarkan data Bloomberg, rupiah dibuka di level Rp 14.050 per dolar AS, sedangkan penutupan kamis kemarin yang berada di level Rp 14.025 per dolar AS. Pelemahan itu berlanjut, terpantau pada pukul 09.40 WIB terpantau nilai tukar rupiah melemah dari pembukaan di level Rp 14.070 per dolar AS.

baca juga: Presiden Beri Target Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 5 Persen

Kepala Riset Monex Investindo Futures, Ariston Tjendra mengatakan, rupiah berpotensi tertekan hari ini terhadap dolar AS seiring dengan penurunan indeks saham global. "Selain itu, kebijakan pemangkasan suku bunga acuan BI juga membantu memberikan tekanan ke rupiah karena perbedaan yield dengan dolar AS kian menipis," ujar Ariston dalam riset hariannya, Jumat (19/2/2021) dilansir dari Suara.com.

Ariston menambahkan, BI juga menurunkan angka prediksi pertumbuhan PDB 2021 karena kasus covid-19 yang masih meninggi di Indonesia. "Positivity rate Covid-19 di Indonesia masih tergolong tinggi dan hal ini menambah tekanan ke rupiah ," pungkas dia.

baca juga: Pasokan Menipis, Harga Minyak Dunia Kembali Melambung

Editor: Ramadhani