Andre Rosiade: Ekosistem BUMN Ultra Mikro untuk Perangi Rentenir!

Anggota DPR RI Andre Rosiade menyerahkan surat resmi dari para pensiunan Semen Padang kepada Menteri BUMN Erick Thohir.
Anggota DPR RI Andre Rosiade menyerahkan surat resmi dari para pensiunan Semen Padang kepada Menteri BUMN Erick Thohir. (Ist)
PADANG, KLIKPOSITIF

- Anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade menyampaikan pandangannya terkait program ekosistem BUMN untuk ultra mikro dan UMKM dari Kementerian BUMN. Menurutnya, ekosistem BUMN ultra mikro merupakan ikhtiar untuk memenangi rentenir.

"Ekosistem ulta mikro ini sudah sangat baik. Ini terobosan yang sangat baik dari menteri BUMN dan Pak presiden tentang bagaimana UMKM ini bisa hidup, dan ekonomi Indonesia ini bisa bangkit dari krisis," ujar Andre dalam keterangan tertulis, Kamis (18/3/2021).

Hal itu disampaikan Andre dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) di Komisi VI DPR dengan Menteri BUMN ErickThohir. Baik Andre maupun Erick sama-sama hadir di ruang rapat Komisi VI.

"Saya pikir ini rapat konsultasi bukan rapat persetujuan, kita setuju atau tidak setuju Pak Menteri bisa jalan terus," tutur Andre.

Ketua DPD Gerindra Sumbar ini mengatakan program pemerintah tersebut sudah sangat baik. "Intinya ini sangat baik, ini pembicaraan yang sangat baik untuk bagaimana kita memulihkan ekonomi kita terutama untuk membunuh rentenir yang ada di Indonesia," tutur Andre."Kebijakan ini menyelamatkan Indonesia dari praktek rentenir. Kebijakan ini adalah kebijakan perang besar terhadap rentenir. Inilah cara pemerintah untuk menyelamatkan masyarakat dari rentenir," sambungnya.

Kementerian BUMN menjamin pembangunan ekosistem BUMN untuk ultra mikro dan UMKM tidak hanya dilakukan berlandaskan pertimbangan bisnis semata.

Holding BUMN untuk ultra mikro dirancang berdasarkan tekad pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan pekerja perusahaan terlibat, pelaku usaha ultra mikro, UMKM.

Sementara itu, Menteri BUMN Erick Thohir menyatakan, manfaat positif dari sinergi BUMN untuk ultra mikro akan dirasakan pelaku usaha, karena terbuka peluang mendapat pembiayaan berbunga rendah.

Penurunan suku bunga pinjaman terjadi karena sinergi PT Bank Rakyat Indonesia (Persero)Tbk, PT Pegadaian (Persero), dan PT Permodalan Nasional Madani (Persero) menurunkan beban dana (cost of fund) ketiga perusahaan itu.

Menurut Erick Thohir, ekosistem yang dibuat tersebut memastikan terdapatnya penurunan bunga pinjaman, karena selama ini hal itu menjadi konteks hambatan kenapa pelaku usaha ultra mikro dan UMKM tidak mendapat pendanaan yang lebih baik."Model bisnis ekosistem ultra mikro akan fokus pada pemberdayaan bisnis melalui PNM, dan pengembangan bisnis melalui Pegadaian dan BRI untuk membuat usaha mikro naik kelas sehingga bisa memasuki tahapan yang lebih tinggi," ujar Erick. (*)

Baca Juga

Editor: Riki