Transaksi Awal Pekan Ini, Rupiah Masih Melemah

Rupiah
Rupiah (net)

KLIKPOSITIF - Nilai tukar rupiah pada Senin pagi ini (22/3/2021) bergerak melemah terhadap dolar AS. Dilansir dari data Bloomberg, rupiah dibuka di level Rp 14.434 per dolar AS, sedangkan penutupan Jumat pekan kemarin yang berada di level Rp 14.407 per dolar AS.

Pelemahan itu tertahan, terpantau pada pukul 09.30 WIB terpantau nilai tukar rupiah berbalik menguat 25 poin atau 0,17 persen dibanding pembukaan di level Rp 14.432 per dolar AS. Analis Riset Monex Investindo Futures, Faisyal mengatakan, rupiah kemungkinan masih dalam tren pelemahan pada hari ini di tengah outlook berlanjutnya penguatan dolar AS.

"Hal ini, setelah kebijakan terbaru dari Federal Reserve AS terkait modal perbankan yang dirilis hari Jumat lalu, yang memicu lonjakan tingkat imbal hasil obligasi AS," ujar Faisyal dalam riset hariannya.

Sentimen lain, tutur Faisyal, yang berpotensi menjadi beban untuk rupiah adalah ketegangan antara AS-Tiongkok setelah pertemuan dua hari yang berakhir Jumat lalu tidak menghasilkan terobosan terbaru.

Baca Juga

Editor: Ramadhani