Menguat Tipis, IHSG Diperkirakan Bergerak Terbatas

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini dibuka menguat. IHSG menguat secara terbatas ke level 5.974, setelah pada perdagangan kemarin ditutup melemah di level 5.970.

Dilansir dari data RTI, Selasa (6/4/2021) IHSG diawal pra perdagangan naik tipis 3,7 basis poin ke level 6.974 atau menguat 0,06 persen. Sementara itu indeks LQ45 juga dibuka menguat tipis, pada awal pra perdagangan indeks ini naik 0,9 basis poin atau menguat 0,11 persen menuju level 896.

baca juga: PPKM Diperpanjang, Persoalan Bansos Harus Serius Diperhatikan

Pada level tersebut IHSG telah ditransaksikan sebanyak 10 juta lembar saham dengan nilai mencapai Rp 42 miliar dan volume transaksi mencapai 3 ribu kali. Sebanyak 144 saham menguat, 47 saham melemah dan 205 saham belum ditransaksikan.

Meski dibuka menguat CEO Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya memproyeksikan, IHSG akan bergerak dalam rentang terbatas. Dia memperkirakan pola pergerakan IHSG akan berada rentang level 5.827 hingga 6.088.

baca juga: Awal Agustus, Emas Batangan Dijual Rp 948 Ribu Per Gram

"Pola gerak IHSG hingga saat ini terlihat masih betah berada dalam rentang konsolidasi wajar," kata William dalam analisanya.

Dia bilang fluktuasi nilai tukar rupiah serta harga komoditas masih akan membayangi pergerakan IHSG hingga beberapa waktu mendatang. Namun mengingat kuatnya dan stabilnya kondisi perekonomian Indonesia tentunya membuka peluang bagi IHSG untuk kembali pada jalur uptrend jangka pendeknya.

baca juga: Catat, Ini Dokumen yang Wajib Dibawa Debt Collector Saat Lakukan Penagihan ke Debitur

"Hari ini, IHSG masih berpotensi bergerak dalam rentang terbatas," ucapnya.

Editor: Ramadhani