5 Varietas Jagung Manis di Indonesia yang Harus Anda Tahu

Jagung
Jagung (Net)

KLIKPOSITIF - Jagung merupakan salah satu hasil pertanian yang dapat dioleh menjadi berbagai makanan lezat. Harga Jagung yang relatif murah yang membuat orang menyukai makanan berbahan jagung. Selain itu, jagung juga mempunyai manfaat yang besar bagi kesehatan.

Manfaat jagung bagi kesehatan seperti mencegah anemia dan sebagai sumber energi pada tubuh. Bicara soal jagung, ada beberapa jenis jagung manis yang bisa Anda jumpai di pasaran. Masing-masing jenis memiliki kualitas yang berbeda tergantung pada varietasnya.

baca juga: Kurangi Resiko Penyakit Jantung, Yuk Konsumsi 3 Jenis Asupan Ini

Tanaman jagung manis yang tumbuh di Indonesia memiliki varietas berbeda-beda. Varietas unggul jagung manis merupakan pemuliaan dari tanaman jagung itu sendiri. Jagung dengan varietas unggul merupakan syarat utama agar hasil panen petani melimpah.

Dari segi kualitas pun, jagung dengan varietas unggul mempunyai kualitas yang lebih bagus. Berikut ini beberapa varietas jagung manis di Indonesia yang harus Anda ketahui.

baca juga: Awas, Ini Bahaya Beri Hukuman Fisik pada Anak Saat Masih Kecil

1. Super Sweet, Jagung yang Berkembang di Wilayah Tropis

Super sweet merupakan varietas jagung manis yang berkembang di wilayah beriklim tropis. Jagung varietas ini dapat tumbuh dengan kuat dan tegap. Dari segi ukuran, jagung super sweet mempunyai ukuran tongkol yang besar dan terisi penuh.

baca juga: Pria Jangan Abai, Sebaiknya Rutin Konsumsi Lima Makanan Sehat Ini

Satu tongkol jagung super sweet dapat tumbuh sampai 20 -- 22 cm dengan diameter sekitar 5 -- 6 cm tanpa klobot. Dalam sekali panen, jagung yang memiliki biji berwarna kuning ini bisa menghasilkan 12,4 ton per hektarnya.

2. Punya Rasa yang Manis, Kadar Gula Varietas Sweet Boy Cukup Tinggi

baca juga: Ini Pengobatan Rumahan yang Dapat Meredakan Gejala Gatal pada Miss V

Jika Anda bandingkan dengan jenis sebelumnya, kadar gula pada jagung varietas sweet boy cukup tinggi, yakni sekitar 13,4" brix. Meski begitu, tongkol jagung yang berasa manis ini dapat tumbuh dengan ukuran besar, terisi penuh, dan seragam.

Panjang tongkol jagung varietas sweet boy bisa mencapai 18 -- 20 cm. Sementara diameter dari sweet boy bisa mencapai 5 -- 6 cm tanpa klobot. Varietas jagung yang punya biji berwarna kuning cerah ini memiliki jumlah 14 -- 16 baris per tongkolnya.

Dalam sekali panen, varietas jagung super boy bisa menghasilkan 14 ton per hektar. Jumah ini jauh lebih banyak daripada varietas super sweet.

3. Bicolour Sweet, Varietas Jagung dengan Dua Warna

Perbedaan paling mencolok antara varietas bicolour sweet dan yang lainnya adalah warna biji jagung itu sendiri. Varietas bicolour sweet memiliki biji jagung brwarna kuning yang bercampur putih. Tongkol jagung varietas bicolour sweet berukuran lebih pendek, sedang, seragam, dan terisi penuh.

Varietas yang tahan terhadap karat dauin ini memilii kualitas yang tidak kalah dari dua jenis sebelumnya. Kadar kemanisannya sekitar 13,5" brix. Varietas bicolour sweet dapat menghasilkan 12,9 ton per hektar dalam sekali panen.

4. Varietas Sweet Lady dengan Waktu Panen Lebih Cepat

Sweet lady merupakan varietas jagung manis yang paling cepat waktu panennya. Untuk bisa memetik hasil dari varietas sweet lady, Anda hanya butuh waktu 64 hari setelah tanam di dataran rendah. Dalam satu kali panen, sweet lady mampu menghasilkan 12,2 ton per hektar.

Selain memiliki waktu panen yang lebih singkat, varietas sweet lady juga tahan terhadap karat daun dan hama. Ciri utama dari jagung manis sweet lady adalah ukurannya yang tidak terlalu besar. Panjang tongkol jagung sweet lady hanya 18 -- 20 cm dengan diameter 4 -- 5 cm saja.

Meski ukurannya tidak terlalu besar, varietas jagung yang berwarna kuning cerah ini punya isi yang cukup padat. Jumlah baris setiap tongkolnya bisa mencapai 14 -- 16 per tongkol.

5. Master Sweet dengan Rasa Berkualitas dan Gula Seimbang

Terakhir, ada varietas master sweet yang memiliki rasa berkualitas dan kadar gula seimbang. Walaupun punya rasa yang berkualitas tinggi, namun jagung varietas master sweet tidak menghasilkan terlalu banyak ataupun terlalu sedikit saat panen.

Itu tadi 5 varietas jagung manis yang tumbuh di Indonesia. Karena varietasnya berbeda-beda, tak mengherankan jika tingkat kemanisannya pun berbeda. Kendati demikian, jagung bisa jadi pilihan karbohidrat yang baik untuk orang yang memiliki tubuh kurus agar lebih berisi.(*)

Editor: Ocky Anugrah Mahesa