IHSG Bergerak Melemah Pada Hari Pertama Puasa

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan ( IHSG ) pada Selasa, 13 April 2021 mengalami pelemahan. IHSG pada hari pertama puasa ini melemah ke level 5.994, setelah pada perdagangan kemarin ditutup anjlok 2 persen.

Dilansir dari data RTI, Selasa (13/4/2021) IHSG diawal pra perdagangan turun 4 basis poin ke level 5.994 atau melemah 0,07 persen. Sementara itu indeks LQ45 juga dibuka di zona merah, pada awal pra perdagangan indeks ini turun 1,1 basis poin atau melemah 0,12 persen menuju level 881.

baca juga: Ini Rincian Harga Emas Hari Ini di Pegadaian

Pada level tersebut IHSG telah ditransaksikan sebanyak 13 juta lembar saham dengan nilai mencapai Rp 62 miliar dan volume transaksi mencapai 3 ribu kali. Sebanyak 99 saham menguat, 94 saham melemah dan 184 saham belum ditransaksikan.

CEO Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya mengatakan ada potensi pelemahan IHSG di tengah sentimen global dan regional. "Gelombang tekanan masih terlihat cukup besar sehingga jika IHSG tidak dapat mempertahankan support level terdekat, maka koreksi akan berlanjut hingga beberapa waktu mendatang," kata William dalam analisanya.

baca juga: Harga Emas Naik Cukup Kuat, Jelang Akhir Juli

Berdasarkan analisis teknikal, rentang pergerakan IHSG pada hari ini berada pada level 5.827 dan 6.088. Meski begitu kata dia peluang koreksi wajar masih dapat dimanfaatkan oleh para investor untuk melakukan akumulasi pembelian dengan target jangka pendek.

Ada beberapa saham yang menurut William layak diperhatikan oleh pelaku pasar hari ini, seperti Bank Central Asia Tbk (BBCA), Bank negara Indonesia Tbk (BBNI), Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF), H.M. Sampoerna Tbk (HMSP), dan Summarecon Agung Tbk (SMRA)

baca juga: Jelang Akhir Juli, IHSG Bergerak Positif

Editor: Ramadhani