Pekan Kedua Ramadan, IHSG Bergerak Menipis

Saham
Saham (net)

KLIKPOSITIF - Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) awal pekan ini dibuka melemah tipis. IHSG turun ke level 6.084 setelah pada akhir pekan kemarin ditutup di level 6.086.

Dilansir dari data RTI, Senin (19/4/2021) IHSG diawal pra perdagangan turun tipis 1,4 basis poin ke level 6.084 atau melemah 0,02 persen. Namun setelah dibuka tepat pukul 09:00 Wib IHSG justru berbalik arah dengan menguat ke posisi 6.093 atau naik 0,12 basis poin.

baca juga: Harga Emas Kembali Menguat, Rp 958 Ribu Per Gram

Sementara itu indeks LQ45 juga dibuka ikutan turun tipis, pada awal pra perdagangan indeks ini melemah 0,5 basis poin atau 0,06 persen menuju level 907. Pada level tersebut IHSG telah ditransaksikan sebanyak 13 juta lembar saham dengan nilai mencapai Rp 49 miliar dan volume transaksi mencapai 2,6 ribu kali.

Sebanyak 180 saham menguat, 67 saham melemah dan 176 saham belum ditransaksikan. CEO PT Indosurya Bersinar Sekuritas, Willam Suryawijaya menuturkan, pergerakan IHSG saat ini masih bergerak dalam rentang cukup terbatas.

baca juga: Harga Minyak Dunia Menguat Seiring Persedian Stok Menipis

Selama IHSG belum mampu menggeser rentang konsolidasi ke arah lebih baik, IHSG berpeluang kembali koreksi. William menuturkan, fluktuasi nilai tukar rupiah dan harga komoditas akan turut membayangi pergerakan IHSG.

"Sehingga, hari ini IHSG akan bergerak dalam rentang konsolidasi wajar," kata William dalam analisanya.

baca juga: Harga Emas Dunia Melonjak, Dampak Bank Sentral

Dirinya pun memprediksi IHSG akan bergerak di kisaran 5.960-6.123. Adapun saham -saham yang dapat dicermati pada perdagangan hari ini antara lain ICBP, BBCA, TLKM, ASII, BBNI, GGRM, dan BSDE.

Editor: Ramadhani