Dibuka Menguat, IHSG Berpeluang Terus Berad di Jalur Hijau

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hari ini dibuka bergerak di zona hijau. IHSG naik ke posisi 5.974 dibandingkan penutupan perdagangan kemarin di level 5.963.

Dilansir dari data RTI, Rabu (5/5/2021) IHSG diawal pra perdagangan dibuka menguat ke level 5.974 naik 10,7 basis poin atau menguat 0,18 persen. Setelah dibuka tepat pukul 09:00 Wib IHSG terus merangkak naik hingga level 5.975 atau bertambah 11,8 basis poin dengan menguat 0,20 persen.

baca juga: LiveWire Bakal Jadi Nama Motor Listrik Harley-Davidson

Sementara itu indeks LQ45 juga dibuka menguat, pada awal pra perdagangan indeks ini naik 2,9 basis poin atau 0,33 persen ke level 891. Pada level tersebut IHSG telah ditransaksikan sebanyak 18 juta lembar saham dengan nilai mencapai Rp 64 miliar dan volume transaksi mencapai 3,3 ribu kali.

Sebanyak 139 saham menguat, 50 saham melemah dan 221 saham belum ditransaksikan. CEO PT Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya mengatakan IHSG berpotensi bergerak dalam zona hijau menjelang laporan triwulan 1 ekonomi Indonesia oleh BPS siang nanti.

baca juga: Harga Minyak Dunia Kembali Bangkit di Tengah Kekhawatiran Pandemi

"IHSG diprediksi bergerak dalam rentang level 5.827 hingga 6.088," kata William dalam analisanya.

Ia mencermati, pergerakan IHSG saat ini terlihat sedang berusaha keluar dari rentang konsolidasi wajarnya. Jika resisten level terdekat dapat ditembus dalam waktu dekat, maka IHSG masih berpeluang untuk melanjutkan kenaikan jangka pendeknya.

"Jelang rilis data perekonomian PDB pada hari ini disinyalir masih akan menunjukkan stabilnya kondisi perekonomian Indonesia akan turut mewarnai pergerakan IHSG," paparnya.

baca juga: Indeks Keyakinan Konsumen April 2021 Makin Optimistis Terhadap Kondisi Ekonomi

Di tengah IHSG yang diperkirakan bergerak di zona hijau, beberapa saham ini dicermatinya seperti ITMG, BBCA, AALI, BBNI, ASII, INDF, JSMR, dan WIKA.

Editor: Ramadhani