IHSG Menguat Jelang Lebaran

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Jelang lebaran Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada awal pekan ini menguat ke level 5.942 setelah pada akhir pekan kemarin ditutup di level 5.928.

Dilansir dari data RTI, Senin (10/5/2021) IHSG diawal pra perdagangan menguat dengan naik 13,7 basis poin ke level 5.942 atau 0,23 persen. Sementara itu indeks LQ45 juga di buka menguat pada awal pra perdagangan indeks ini naik 3,6 basis poin atau menguat 0,41 persen di level 884.

baca juga: Investor Makin Hati-Hati, Harga Emas Dunia Kembali Melemah

Pada level tersebut IHSG telah ditransaksikan sebanyak 10,7 juta lembar saham dengan nilai mencapai Rp 41 miliar dan volume transaksi mencapai 3,1 ribu kali. Sebanyak 128 saham menguat, 27 saham melemah dan 174 saham belum ditransaksikan.

CEO Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya mengatakan perkembangan pergerakan IHSG di pekan pendek menjelang hari raya Idulfitri, masih menunjukkan betah berada dalam rentang konsolidasi wajar. "Masih kuatnya fundamental perekonomian Indonesia yang terlihat dari data yang telah terlansir serta fluktuasi nilai tukar Rupiah masih akan membayangi pergerakan IHSG," kata William dalam analisanya.

baca juga: Naik Lagi, Minyak Dunia Capai Level Tertinggi

Dengan demikian, selama support level terdekat dapat dipertahankan dengan kuat IHSG masih memiliki peluang untuk kembali pada jalur uptrend jangka pendeknya. Hari ini IHSG berpotensi bergerak dalam rentang terbatas.

William memperkirakan IHSG akan bergerak di level support 5.827 dan resistance di level 6.088. Dia memberikan rekomendasi sejumlah saham , yakni ITMG, PWON, TLKM, BBCA, GGRM, AALI, dan ACES.

baca juga: IHSG Berada di Zona Hijau Jelang Akhir Pekan Ini

Editor: Ramadhani