Pagi Ini IHSG Dibuka Berada di Jalur Hijau

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan ( IHSG ) pada awal perdagangan hari ini menguat ke posisi 5.772. Dilansir dari data RTI, Selasa (25/5/2021), IHSG diawal pra perdagangan dibuka naik 9,3 basis poin atau menguat 0,16 persen menuju level 5.772.

Setelah dibuka tepat pukul 09:00 Wib, indeks terus bergerak naik 24,6 basis poin hingga level 5.788 dengan penguatan 0,43 persen. Sementara itu indeks LQ45 juga dibuka ikutan menguat, pada awal pra perdagangan indeks ini naik 2,7 basis poin atau menguat 0,32 persen ke level 861.

baca juga: Pasokan di AS Melimpah, Harga Minyak Dunia Merosot Lagi

Pada level tersebut IHSG telah ditransaksikan sebanyak 9,2 juta lembar saham dengan nilai mencapai Rp 33 miliar dan volume transaksi mencapai 1,9 ribu kali. Sebanyak 179 saham menguat, 71 saham melemah dan 169 saham belum ditransaksikan.

CEO PT Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya mengatakan, perkembangan pergerakan IHSG hingga saat ini masih betah berada dalam rentang konsolidasi wajar. Kendati BI diperkirakan bakal menetapkan suku bunganya, namun menurut dia, tidak akan mendorong pergerakan IHSG menjadi kuat.

baca juga: Bantu Mahasiswa Bayar UKT, Menkeu Anggarkan Rp 745,2 Miliar

"Jelang rilis data perekonomian tingkat suku bunga disinyalir masih belum akan ada perubahan tentunya turut memberikan sentimen terhadap pergerakan IHSG ," kata William dalam analisanya.

Tak hanya itu kata dia fluktuasi nilai tukar rupiah juga akan turut mewarnai pergerakan IHSG hingga beberapa waktu mendatang. "Hari ini IHSG masih berpotensi bergerak dalam rentang terbatas di kisaran 5.711 hingga 5.860," katanya.

baca juga: Kekhawatiran Akibat Varian Delta Virus Corona Picu Melemahnya Minyak Dunia

Sementara itu William merekomendasikan sejumlah saham yang bisa dikoleksi pada perdagangan hari ini seperti sahamBBRI, GGRM, UNVR, ASII, ITMG, HMSP, AKRA, dan ERAA.

Editor: Ramadhani