IHSG Dibuka di Jalur Hijau Pada Akhir Pekan Ini

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menjelang akhir pekan ini naik ke level 5.875 setelah pada penutupan perdagangan kemarin ditutup pada level 5.841.

Dilansir dari data RTI, Jumat (28/5/2021) IHSG diawal pra perdagangan dibuka naik 33,4 basis poin atau menguat 0,57 persen di level 5.875. Setelah dibuka tepat pukul 09:00 Wib IHSG makin naik hingga level 5.887 dengan menguat 0,78 persen atau bertambah 45 basis poin.

baca juga: Menkeu: Selain Pandemi, APBN Juga Difokuskan untuk Hadapi Perubahan Iklim

Sementara itu indeks LQ45 juga dibuka di zona hijau, pada awal pra perdagangan indeks ini naik 8,7 basis poin atau menguat 1,01 persen ke level 872. Pada level tersebut IHSG telah ditransaksikan sebanyak 20 juta lembar saham dengan nilai mencapai Rp 80 miliar dan volume transaksi mencapai 3 ribu kali.

Sebanyak 185 saham menguat, 41 saham melemah dan 188 saham belum ditransaksikan. CEO Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya memprediksi IHSG bergerak dalam rentang terbatas. Fluktuasi nilai tukar rupiah akan memberikan sentimen negatif untuk pasar modal hari ini.

baca juga: BPS: Selama Penerapan PPKM Daya Beli Masyarakat Melemah

"Fluktuasi rupiah serta harga komoditas juga masih akan mewarnai pergerakan IHSG hingga beberapa waktu mendatang," kata William dalam analisanya.

William memprediksi IHSG bergerak di rentang support 5.741 dan resistance 5.978.Ia menyarankan pelaku pasar untuk mencermati sejumlah saham , seperti PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM), PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR), PT Semen Indonesia Tbk (SMGR), dan PT Astra International Tbk (ASII).

baca juga: Dolar Bergerak Menguat, Emas Dunia Turun Harga

Editor: Ramadhani