Transaksi Awal Pekan Ini, IHSG Dibuka Menguat

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) awal pekan ini mengalami kenaikan. IHSG dibuka naik ke posisi 6.110 setelah pada akhir pekan lalu ditutup di level 6.095.

Dilansir dari data RTI, Senin (14/6/2021) IHSG diawal pra perdagangan naik sebanyak 15,3 basis poin atau menguat 0,25 persen. Setelah tepat dibuka pukul 09:00 Wib, laju IHSG terus merangkak naik hingga posisi 6.111 atau telah menguat 16 basis poin.

baca juga: 65 BUMNag di Tanah Datar Sudah Punya Modal Usaha, Pemda Sarankan Lirik Usaha Pertashop

Sementara itu indeks LQ45 juga di buka menguat, pada awal pra perdagangan indeks ini naik 4,2 basis poin atau menguat 0,47 persen di level 905. Pada level tersebut IHSG telah ditransaksikan sebanyak 16 juta lembar saham dengan nilai mencapai Rp 48 miliar dan volume transaksi mencapai 3,5 ribu kali.

Sebanyak 196 saham menguat, 99 saham melemah dan 201 saham belum ditransaksikan. CEO Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya mengatakan pergerakan IHSG hingga saat ini terlihat masih berada dalam fase konsolidasi wajar.

baca juga: Harga Minyak Dunia Bergerak Stabil, Terkait Kabar Persediaan AS

Menurut William, jika resisten level terdekat berhasil ditembus dalam beberapa waktu mendatang maka IHSG berpotensi untuk kembali pada jalur uptrend jangka pendeknya. "IHSG diprediksi melaju di rentang support 5.924 dan resistance 6.123," sebut William dalam analisanya.

Di sisi lain William mengatakan laju IHSG ditopang oleh perekonomian Indonesia yang stabil dan kuat. Hal ini terlihat dari beberapa data perekonomian yang telah terlansir. "Hari ini IHSG masih berpotensi bergerak dalam rentang terbatas," ujarnya.

baca juga: Bank Syariah Bisa Tumbuh dan Jadi Alternatif Sistem yang Memberikan Sumbangan Signifikan Bagi Ekonomi Nasional

Editor: Ramadhani