KPPN Lubuk Sikaping Selesai Bayarkan Gaji ke-13 PNS

Pencairan gaji ke-13
Pencairan gaji ke-13 (Ist)

LUBUK SIKAPING, KLIKPOSITIF - Pegawai Negeri Sipil ( PNS ) Pusat di wilayah Kabupaten Pasaman dan Kabupaten Pasaman Barat menerima Gaji Ketiga belas. Hal itu berdasarkan pada terbitnya Peraturan Menteri Keuangan Nomor 42/PMK.05/2021 tentang petunjuk teknis pelaksanaan pemberian THR dan Gaji ke-13 kepada aparatur, pensiunan, penerima pensiun dan penerima tunjangan tahun 2021. Hal itu disalurkan oleh Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Lubuk Sikaping, yang sebelumnya THR telah 100% disalurkan.

Kepala KPPN Lubuk Sikaping, Heni mengatakan, kebijakan pembayaran Gaji ke-13 bagi Aparatur Sipil Negara dan Pensiunan dalam rangka menstimulasi konsumsi dan mendorong pemulihan ekonomi.

baca juga: Seleksi CASN Kemenag Ramai Peminat, Setiap 100 Pelamar Bersaing dapatkan 1 Formasi

"Diharapkan dengan kebijakan ini dapat mendorong konsumsi masyarakat sehingga bersama dengan belanja pemerintah turut mendukung bergeraknya roda perekonomian," katanya, Senin, 14 Juni 2021.

Proses penyampaian Surat Perintah Membayar (SPM) Gaji ke-13 ke KPPN Lubuk Sikaping dari satuan kerja (satker) dimulai hari Rabu tanggal 2 Juni 2021, dan dicairkan keesokan harinya dengan diterbitkan Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D). "Sampai dengan Rabu tanggal 9 Juni 2021, seluruh satker telah diterbitkan SP2D-nya, dengan kata lain seluruh PNS Pusat dalam wilayah kerja KPPN Lubuk Sikaping telah menerima Gaji ke-13nya," jelasnya.

baca juga: Pedaftaran Seleksi CPNS Berakhir Hari Ini, Ingat Syarat-syarat Ini Harus Dipenuhi

KPPN Lubuk Sikaping telah menyalurkan Gaji ke-13 kepada 1.907 pegawai yang tersebar kedalam 47 satker pemerintah pusat di wilayah Kabupaten Pasaman dan Pasaman Barat dengan total pencairan sebesar Rp 8.236.316.700,-. Secara rinci 1.907 pegawai ini terdiri dari PNS Pusat sebesar 1.150 pegawai, Personil Polri 747 anggota dan 10 Pegawai Pemerintah Non ASN.

Komponen Gaji ke-13 masih sama seperti THR tahun 2021 yakni terdiri dari gaji dan tunjangan-tunjangan yang melekat pada gaji seperti tunjangan keluarga, tunjangan beras, tunjangan umum dan tunjangan jabatan.

baca juga: Mau Sukses Seleksi CPNS? Coba Ikuti Kiat Kepala Pusat Pengembangan Sistem Seleksi BKN Ini

Sebagai wujud dukungan KPPN dalam menyalurkan Gaji ke-13, KPPN membuka Loket layanan pada hari Sabtu-Minggu sehingga satker mendapat layanan extra dalam penyampaian SPM gaji ke-13. Total SPM yang masuk adalah 74 berkas termasuk penyampaian SPM di hari Sabtu sebesar 14 berkas.

Satker yang pertama mengajukan SPM Gaji ke-13 dengan benar dan diterbitkan SP2D-nya adalah Pengadilan Agama Talu yang disampaikan pada tanggal 3 Juni 2021. Kami menyampaikan apresiasi kepada seluruh satker yang telah membantu percepatan penyaluran gaji ke-13. Semoga pencairan Gaji ke-13 dapat bermanfaat bagi pegawai beserta keluarga sehingga dapat turut menggerakkan roda perekonomian.

baca juga: Tjahjo Kumolo : ASN Harus Bergotong Royong Bersama TNI Polri

Editor: Fitria Marlina