Ciri-Ciri Aplikasi Pinjaman Online yang Aman dan Terpercaya

Ilustrasi
Ilustrasi (Ist)

KLIKPOSITIF --Saat ini sudah banyak sekali jumlah aplikasi pinjaman online di Indonesia. Tetapi, tidak semua aplikasi pinjaman online aman dan terpercaya. Karena, masih cukup banyak aplikasi pinjaman online illegal yang bermaksud untuk menipu Anda. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui ciri-ciri aplikasi pinjaman online yang aman dan terpercaya.

Ciri Aplikasi Pinjaman Online yang Aman dan Terpercaya

baca juga: SWI Temukan Pinjaman Online Ilegal Masih Marak, Sejak 2018 Sudah 3.365 Fintech Lending Ilegal Ditutup

Agar Anda tidak menjadi salah satu korban penipuan dari aplikasi pinjaman online tersebut. Berikut ini beberapa ciri-ciri aplikasi pinjaman online yang aman dan juga terpercaya:

1. Terdaftar di OJK

Pilihlah pinjaman online yang terdaftar di OJK . Sebab, hal ini membuktikan aplikasi tersebut aman, legal, dan terpercaya. Biasanya OJK secara berkala selalu menginformasikan beberapa aplikasi pinjaman online illegal dan legal.

Ilustrasi
Ilustrasi

Anda bisa mengeceknya sendiri dengan mengunjungi situs resmi OJK yang bisa Anda akses di www.ojk.go.id atau langsung menghubungi customer service OJK dengan nomor 157. Dengan mengakses website dan menghubungi CS secara langsung, Anda bisa mendapatkan informasi langsung dari OJK .

2. Mekanisme Peminjaman Transparan

Penyedia jasa pinjaman online terpercaya dana man pasti akan menjelaskan mekanisme peminjaman secara transparan dan terperinci kepada Anda. Mulai dari besaran suku bunga, batas pelunasan pinjaman, rentang waktu, dan simulasi pembayaran cicilan.

baca juga: Mau Pinjam Uang Online? Begini Cara Mengetahui Penyedia Layanan Resmi, Kredibel dan Aman Digunakan

Mekanisme tersebut sudah diatur oleh OJK dan mewajibkan setiap aplikasi pinjaman online untuk menjelaskannya kepada calon debitur. Hal ini akan menjadi bukti dari aplikasi pinjaman online tanpa agunan yang aman dan terpercaya.

3. Kontak Layanan Konsumen Resmi

Kontak layanan konsumen resmi harus tersedia bagi setiap penyedia jasa pinjaman online yang terdaftar di OJK . Biasanya Anda bisa menemukan kontak layanan ini pada halaman website resmi penyedia jasa pinjaman online . Fungsi dari kontak layanan adalah agar debitur dapat berkonsultasi dengan pihak penyedia jasa pinjaman online .

Kontak layanan umumnya berupa nomor kantor, email resmi perusahaan pinjaman online , dan nomor whatsapp. Jangan tertipu dengan penawaran pinjaman online melalui sms atau penyedia pinjaman online yang memiliki email yahoo atau gmail.

4. Bunga Standar

Ciri-ciri aplikasi pinjaman online tanpa agunan yang aman dan terpercaya berikutnya adalah bunga standar. Masing-masing penyedia jasa pinjaman online akan mempunyai variasi besaran bunga. Tetapi, perlu Anda ketahui bahwa besaran bunga tidak melebihi 1 persen per hari. Bunga yang tidak melebihi 1 persen per hari sudah ditetapkan dan melalui proses penghitungan agar tidak membebani pihak peminjam.

5. Alamat Kantor Valid dan Jelas

Penyedia jasa pinjaman online yang terdaftar di OJK harus mempunyai alamat kantor yang valid dan jelas. Alamat ini bisa Anda temukan pada halaman website resmi pinjaman online tersebut. Contohnya aplikasi pinjaman online Tunaiku yang memiliki kantor di alamat Gedung Graha Niaga Thamrin Lantai 1 Area B2.

6. Mempunyai Kredibilitas

Pastikan Anda memilih aplikasi pinjaman online yang mempunyai kredibilitas atau reputasi yang baik. Hal ini dapat Anda nilai melalui review dan testimoni debitur aplikasi tersebut. Review dan testimoni bisa Anda temukan pada situs resmi, forum diskusi pinjaman online , atau media sosial.

baca juga: UMKM Kunci Bangkit Perekonomian Sumbar

Tunaiku adalah salah satu aplikasi pinjaman online yang terdaftar OJK yang bisa Anda pilih. Persyaratan peminjaman sangat mudah dan juga cepat, hanya 10 menit. Aplikasi pinjaman online ini juga sudah terdaftar di OJK , sejak 2014 sehingga Anda tidak perlu ragu untuk mengajukan pinjaman.

Anda bisa mengajukan pinjaman online kapan saja selama 24 jam. Tersedia juga layanan kontak live chat dari Senin sampai Jumat, pukul 08.00-17.00 WIB. Jumlah pinjaman yang bisa Anda ajukan juga mencapai 20 juta. Tidak berhenti sampai disitu, masa tenor yang ditawarkan Tunaiku juga tergolong panjang.

baca juga: Pemerintah Minta MiChat Tutup Akun Open BO

Anda bisa meminjam dana di Tunaiku hingga 20 bulan lamanya. Jauh lebih panjang dibanding pinjaman online lain pada umumnya. Jadi, tunggu apalagi? Yuk segera percayakan urusan dana cepat Anda di Tunaiku sekarang juga!

Editor: Pundi F Akbar