BI Sumbar Dorong Digitalisasi Pembayaran, Salah Satunya Penerapan Parkir Non Tunai di BIM

Zoom Meeting Penerapan Parkir Non Tunai di BIM
Zoom Meeting Penerapan Parkir Non Tunai di BIM (istimewa)

KLIKPOSITIF -- Bank Indonesia Wilayah Sumbar terus mendorong digitalisasi atau elektronifikasi dalam setiap aktivitas transaksi masyarakat. Salah satu sasaran yang akan dilakukan digitalisasi non tunai adalah di Kawasan Bandara Internasional Minangkabau (BIM) yang berada di bawah PT Angkasa Pura II.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumbar Wahyu Purnama A mengatakan, implementasi digitalisasi pada setiap proyek pembangunan menjadi poin kuat dari perkembangan Ekonomi Keuangan Digital di Sumbar.

baca juga: Pemko Solok Terima Penghargaan TP2DD dari BI Perwakilan Sumbar

"Saat ini Angkasa Pura II bekerja sama dengan dua Bank, yakni BNI dan BRI yang akan melakukan implementasi transaksi non tunai pada portal masuk area BIM. Ini merupakan langkah awal yang strategis dalam memperluas penggunaan transaksi non tunai," katanya dalam Zoom Meeting, Selasa (15/6/2021).

Wahyu menambahkan, pihaknya berharap ke depannya transaksi non tunai dapat diimplementasikan pada seluruh proses bisnis di BIM, dalam mendukung peningkatan ekonomi digital di Sumbar khususnya pada lingkungan transportasi udara.

baca juga: BI: Ekonomi Sumbar Triwulan I 2020 Tumbuh Terbatas

"Kita telah bersama-sama mengetahui bahwa beberapa transaksi di BIM belum sepenuhnya non tunai. Pembayaran parkir, gate pass, berbelanja di toko yang berada di BIM pun belum seluruhnya dapat menerima transaksi non tunai," kata dia.

Ia menjelaskan, pada hari ini, akan bersama-sama mendengarkan perubahan hal tersebut, penjelasan terkait inovasi implementasi transaksi non tunai di lingkungan BIM.

baca juga: BI Sebut SPH Jadi Rumah Sakit Pertama Pengguna QRIS di Sumbar

"Bank Indonesia berharap rencana implementasi non-tunai pada seluruh layanan bisnis di BIM dapat berjalan dengan baik, dapat meningkatkan efektifitas, efisiensi serta kualitas layanan BIM, serta peningkatan bisnis BIM sendiri

Kemudian kami berharap agar semangat dan inovasi yang dibawa oleh BIM ini dapat diikuit oleh instansi-instansi lainnya seperti sektor layanan transportasi darat, transportasi laut, serta pelaku bisnis lainnya di Sumbar.

baca juga: Jelang Idul Fitri, BI Sumbar: Layanan Penukaran Uang Pecahan Lewat Bank

Eksekutif General Manager BIM, Yos Suwagiyono menyampaikan, nantinya pembayaran parkir di BIM sepenuhnya menggunakan uang elektronik, sehingga tidak ada lagi melayani uang tunai.

"Kita akan mulai itu 21 Juni mendatang. Kebijakan ini dilakukan bentuk transformasi digital, meskipun belum semua masyarakat terbiasa dengan transaksi nontunai. Kita harapkan penerapan ini akan mendorong transformasi digital ditengah masyarakat," katanya.

Editor: Muhammad Haikal