Harga Emas Dunia Kembali Membaik, Usai Kebijakan Bank Central

Emas
Emas (net)

KLIKPOSITIF - Harga emas dunia kembali meningkat setelah Chairman Federal Reserve Jerome Powell yang mengatakan inflasi tidak akan menjadi satu-satunya penentu keputusan suku bunga dan bank sentral tidak akan terburu-buru menaikkan suku bunga.

Dilansir dari CNBC, Kamis (24/6/2021) harga emas di pasar spot naik 0,3 persen menjadi 1.782,96 dolar AS per ounce. Sementara emas berjangka Amerika Serikat ditutup meningkat 0,3 persen menjadi 1.783,40 dolar AS per ounce.

baca juga: 65 BUMNag di Tanah Datar Sudah Punya Modal Usaha, Pemda Sarankan Lirik Usaha Pertashop

Komentar Powell menenangkan investor yang khawatir tentang pengetatan kebijakan menyusul perubahan hawkish pekan lalu oleh The Fed. Namun, logam mulia gagal untuk membalikkan penurunan 6 persen minggu lalu karena ekspektasi pengetatan kebijakan The Fed bertahan di pasar.

Emas juga diuntungkan dari melemahnya dolar, meningkatkan daya tarik logam kuning bagi pemegang mata uang lainnya. Sementara itu logam lainnya perak melesat 1,1 persen menjadi 26,02 dolar AS per ounce dan paladium melambung 2,5 persen menjadi 2.620,12 dolar AS per ounce. Platinum melonjak 1,1 persen menjadi 1.091,43 dolar AS per ounce.

baca juga: Harga Minyak Dunia Bergerak Stabil, Terkait Kabar Persediaan AS

Editor: Ramadhani