Minyak Dunia Meroket ke Level Tertinggi

.
. (Net)

KLIKPOSITIF - Harga minyak dunia meroket ke level tertingginya. Kenaikan ini didukung penarikan persediaan Amerika dan akselerasi aktivitas ekonomi Jerman.

Mengutip CNBC, Jumat (25/6/2021) minyak mentah berjangka Brent, patokan internasional, ditutup naik 37 sen, atau 0,5 persen menjadi 75,56 dolar AS per barel, setelah sebelumnya melesat ke posisi 75,78 dolar AS per barel.

baca juga: Ekspektasi Ekonomi Pulih dari Krisis Virus corona, Minyak Dunia Melambung

Sementara itu, patokan Amerika Serikat, minyak mentah berjangka West Texas Intermediate, bertambah 22 sen menjadi 73,30 dolar AS per barel, setelah melejit setingginya 73,61 dolar AS di awal sesi.

Pada sesi Rabu, kedua tolok ukur itu mencapai level tertinggi sejak Oktober 2018.

baca juga: Pengangguran Turun, Harga Minyak Melesat ke Level Tertinggi

Harga juga mendapatkan dukungan dari keraguan tentang masa depan kesepakatan nuklir Iran 2015 yang dapat mengakhiri sanksi Amerika terhadap ekspor minyak mentah Iran.

Data dari Jerman menunjukkan lompatan terbesar dalam kondisi ritel sejak reunifikasi Jerman lebih dari tiga dekade lalu, memicu ekspektasi permintaan bahan bakar Eropa akan pulih.

baca juga: Usai Sentuh Level Tertinggi, Harga Minyak Dunia Turun

Di seberang Atlantik, persediaan minyak mentah Amerika turun ke level terendah sejak Maret 2020, stok bensin AS juga mencatat penarikan yang mengejutkan.

Organisasi Negara Eksportir Minyak dan sekutunya, kelompok yang dikenal sebagai OPEC Plus yang bertemu pada 1 Juli, membahas pelonggaran lebih lanjut dari rekor pengurangan produksi tahun lalu dari Agustus tetapi tidak ada keputusan yang dibuat.

baca juga: Covid-19 di India Menggila, Harga Minyak Merosot

Editor: Eko Fajri