Jelang Akhir Juni, IHSG Dibuka Dijalur Merah

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada awal pekan ini dibuka melemah ke zona merah. IHSG turun ke level 6.015 dibandingkan penutupan perdagangan akhir pekan kemarin di level 6.022.

Dilansir dari data RTI, Senin (28/6/2021), IHSG diawal pra perdagangan dibuka turun 7,1 basis poin atau melemah 0,12 persen. Sementara itu indeks LQ45 juga dibuka ikutan melemah, pada awal pra perdagangan indeks ini turun sebesar 1,6 basis poin atau melemah 0,20 persen ke level 852.

baca juga: Tak Terdampak Pengutan Dolar AS, Harga Emas Dunia Stabil

Pada level tersebut IHSG telah ditransaksikan sebanyak 9,9 juta lembar saham dengan nilai mencapai Rp 40 miliar dan volume transaksi mencapai 3,2 ribu kali.

Sebanyak 174 saham menguat, 77 saham melemah dan 211 saham belum ditransaksikan. CEO Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya mengatakan IHSG pada awal pekan ini akan bergerak melemah.

baca juga: Transaksi Selasa Pagi, IHSG Kembali Bergerak Menguat

Menurut dia faktor kondisi perekonomian Indonesia yang masih menunjukkan lambatnya perputaran roda perekonomian menjadi salah satu faktornya.

"Perekonomian Indonesia masih menunjukkan lambatnya perputaran roda perekonomian, sehingga potensi penurunan terlihat lebih besar dibanding peluang kenaikan," kata William dalam analisanya.

baca juga: Riset Ungkap Mobil dengan Teknologi Modern Bisa Tekan Angka Kecelakaan

Dia memperkirakan IHSG bergerak pada kisaran level hingga 5.913 hingga 6.123 besok.

Editor: Ramadhani