Memahami Fungsi dan Definisi Dari Kemudahan Impor Tujuan Ekspor

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

EKONOMI , KLIKPOSITIF - Dunia industri tanah air sedang menjadi sorotan pemerintah dalam membantu keuangan negara. Salah satu bentuk perhatian pemerintah terhadap industri yaitu dengan memberikan kemudahan dalam kegiatan ekspor dan impor.

Kegiatan ini sangat mendukung pengusaha eksportir dalam melancarkan kegiatan ekspor dan impor.

baca juga: Bicara Tentang "Penyakit" Korupsi, Ini Kata Menkeu

Dukungan ini memang sangat memperhatikan jumlah importasi barang agar bisnis inti dapat berjalan dengan lancar. Sehingga dapat meningkatkan perekonomian dan memperbaiki kestabilan keuangan negara.

Pengertian Dan Fungsi Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE)

baca juga: Tak Banyak Berubah, Emas Batangan Dijual Rp 933 Ribu Per Gram

Sebelum membahas tentang apa saja fungsi dari Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE). Ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu tentang pengertian dari KITE yang sesungguhnya.

Sehingga akan lebih mudah memahami tujuan hingga fungsi diberlakukannya KITE dalam mendukung eksportir.

baca juga: Produk Halal Jadi Keunggulan Kompetitif UMKM Indonesia di Pasar Internasional

KITE tidak dapat dimanfaatkan oleh semua perusahaan industri ekspor . Hanya ada beberapa perusahaan saja yang mendapatkan dukungannya. Dengan demikian, ada beberapa syarat untuk perusahaan yang ingin mendapatkan dukungan KITE dari pemerintah.

Syarat utama yang diperhatikan adalah apabila perusahaan memiliki orientasi proses ekspor yang tinggi.

baca juga: Investor Tak Lagi Khawatir Covid-19 Varian Omnicron, Harga Minyak Dunia Terus Menguat

Secara simpel, Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE) merupakan sebuah pelayanan khusus yang diberikan oleh Menteri Keuangan terhadap barang yang diekspor.

Jenis dukungan yang diberikan oleh Menteri Keuangan yaitu memberikan kemudahan dan keringanan dalam pembiayaan bea cukai.

Meskipun KITE termasuk dalam bentuk dukungan Menteri Keuangan, akan tetapi dilaksanakan oleh pihak DJBC.

Direktorat Jenderal Bea dan Cukai merupakan kepanjangan dari DJBC yang menjadi tombak dari berjalannya program KITE. perusahaan yang memenuhi syarat akan dengan mudah memanfaatkan program Menteri Keuangan tadi.

Fungsi dari Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE)

Dari penjelasan diatas telah dijelaskan bahwa Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE) merupakan program untuk mengurangi biaya bea cukai. Dengan begitu fungsi dari adanya KITE adalah untuk mengurangi biaya bea cukai perusahaan eksportir dalam melakukan eksportasi barang keluar negeri.

Dengan adanya program ini, perusahaan eksportir akan dengan mudah menambah kapasitas ekspor yang akan dikirimkan. Dengan begitu, volume ekspor barang pun turut bertambah seiring bertambahnya kapasitas ekspor . Akan tetapi, tidak semua barang dapat memanfaatkan program KITE.

Importasi yang didukung oleh Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE) hanyalah ekspor bahan baku saja. Hal ini diberikan dengan tujuan memberi dukungan produksi agar bahan baku lanjut diolah menjadi barang jadi yang siap untuk diekspor.

Sehingga ketika lanjut pada proses pengiriman barang jadi dari bahan baku tersebut akan mendapatkan fasilitas keringanan biaya bea cukai.

Keringanan yang akan dirasakan tidak hanya ada pada biaya bea cukai, akan tetapi mendapatkan keringanan pada jumlah pajak. Sebab program ini memang pemerintah berlakukan untuk mendukung impor bahan baku yang kemudian diolah menjadi barang jadi dengan nilai jual yang tinggi.

Barang jadi yang bernilai tinggi inilah yang akan mendapatkan semua fasilitas Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE). Dengan tujuan agar dapat mendorong jumlah ekspor barang dengan nilai yang lebih besar. Sehingga mampu membuat neraca ekspor impor Indonesia menjadi lebih baik dan stabil.

Proses ekspor dan impor memang sangat diperhatikan pemerintah, karena setidaknya target impor barang dapat terpenuhi. Sebab nilai dari ekspor impor sangat berpengaruh terhadap keuangan negara. Apabila ekspor impor berjalan baik, maka keuangan negara menjadi lebih baik.

Sekian pembahasan mengenai pengertian dan fungsi dari Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE). Sdmoga dengan membaca artikel ini, dapat memberikan pemahaman lebih lanjut mengapa ada program KITE dan mengapa hanya beberapa perusahaan saja yang dapat menikmatinya.

Salah satu perusahaan pengekspor produk dalam negeri khusus sarung tangan golf, atau pabrik sarung tangan golf, ( golf gloves manufacturer ) dan pabrik karung leno ( leno mesh bag manufacturer ) adalah perusahaan yang membantu meningkatkan lapangan pekerjaan di Indonesia.(*)

Editor: Ocky Anugrah Mahesa