Harga Emas Dunia Jatuh, Terdampak Langkah Investor

Emas
Emas (net)

KLIKPOSITIF - Harga jual emas dunia kembali melemah terdampak langkah investor yang mulai berhati-hati menjelang pertemuan Bank sentral AS The Federal Reserve.

Dilansir dari CNBC , Selasa (27/7/2021) harga emas di pasar spot turun 0,2 persen menjadi 1.798,41 dolar AS per ounce, sementara emas berjangka Amerika Serikat ditutup melemah 0,1 persen menjadi 1.799,20 dolar AS per ounce.

baca juga: Transaksi Selasa Pagi, IHSG Kembali Bergerak Menguat

The Fed akan memulai pertemuan kebijakan dua hari pada Selasa (hari ini). "Kekhawatirannya sekarang adalah kita akan mendapatkan petunjuk pertama yang belum tentu kenaikan suku bunga tetapi pengurangan seperti apa yang dibayangkan The Fed untuk balance sheet- nya, dan itu bisa menjadi pemicu suku bunga untuk bergerak lebih tinggi," kata Edward Meir, analis ED&F Man Capital Markets.

Meir mengatakan itu sepertinya tidak mungkin untuk mendorong penurunan berkelanjutan pada emas , dengan logam kuning tersebut menarik dukungan dari Bank Sentral Eropa yang dovish, The Fed yang saat ini sangat akomodatif, stimulus fiskal yang besar dan inflasi yang lebih tinggi.

baca juga: Riset Ungkap Mobil dengan Teknologi Modern Bisa Tekan Angka Kecelakaan

ECB dan The Fed menyebutkan akan mempertahankan kebijakan moneter yang akomodatif untuk beberapa waktu. Han Tan, analis pasar di Exinity Group, mengatakan jika Komite Pasar Terbuka Federal yang menetapkan kebijakan memberikan rincian lebih lanjut tentang rencana tapering, emas dapat menguji posisi terendah Juni di 1.750-1.770 dolar AS.

Penurunan emas terjadi meski dolar lebih lemah dan sedikit penyusutan imbal hasil US Treasury 10-tahun. Logam lainnya, perak naik 0,2 persen menjadi 25,22 dolar AS per ounce, platinum naik 0,8 persen menjadi 1.070,11 dolar AS per ounce dan paladium bertambah menjadi 2.672,98 dolar AS per ounce.

baca juga: Harga Minyak Dunia Meningkat Akibat Gangguan Produksi Global

Editor: Ramadhani