Transaksi Awal Agustus, IHSG Bergerak Menguat

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Transaksi Agustus ini Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat ke level 6.098.

Dilansir data RTI, Senin (2/8/2021), IHSG diawal pra perdagangan dibuka masuk zona hijau dengan menguat 27,9 basis poin atau 0,46 persen. Setelah dibuka tepat pukul 09:00 laju IHSG terus merangkak naik hingga level 6.107 dengan menguat 37 basis poin.

baca juga: Tak Terdampak Pengutan Dolar AS, Harga Emas Dunia Stabil

Sementara itu indeks LQ45 juga dibuka menguat, pada awal pra perdagangan indeks ini naik sebesar 7,1 basis poin atau 0,87 persen ke level 830. Pada level tersebut IHSG telah ditransaksikan sebanyak 12 juta lembar saham dengan nilai mencapai Rp 52 miliar dan volume transaksi mencapai 3,2 ribu kali.

Sebanyak 201 saham menguat, 46 saham melemah dan 211 saham belum ditransaksikan.

baca juga: Transaksi Selasa Pagi, IHSG Kembali Bergerak Menguat

CEO Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya mengatakan pergerakan IHSG hingga saat ini masih sangat dipengaruhi oleh sisi perlambatan perekonomian.

Memasuki awal bulan ke delapan di tahun 2021, akan terdapat rilis data perekonomian awal bulan yaitu inflasi yang diperkirakan masih dalam kondisi terkendali.

baca juga: Riset Ungkap Mobil dengan Teknologi Modern Bisa Tekan Angka Kecelakaan

"Sehingga kinerja emiten yang disinyalir belum akan dapat membaik dengan cepat membuat potensi penurunan terlihat lebih besar dibanding keinginan naik, IHSG pada hari ini berpotensi melemah," kata William dalam analisanya.

Pada perdagangan hari ini, William memperkirakan IHSG akan bergerak dalam kisaran 6.001 -- 6.202.

baca juga: Harga Minyak Dunia Meningkat Akibat Gangguan Produksi Global

Editor: Ramadhani