Kekhawatiran Akibat Varian Delta Virus Corona Picu Melemahnya Minyak Dunia

Minyak
Minyak (net)

KLIKPOSITIF - Melonjaknya jumlah kasus pandemi akibat varian delta virus corona membuat harga minyak dunia merosot.

Dilansir dari CNBC, Rabu (4/8/2021) harga minyak mentah berjangka Brent, patokan internasional, ditutup turun 48 sen, atau 0,66 persen menjadi 72,41 dolar AS per barel. Sementara itu, patokan Amerika Serikat, minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI), menyusut 70 sen, atau 0,98 persen menjadi 70,56 dolar AS per barel.

Harga bertahan lebih rendah dalam perdagangan post-settlement setelah narasumber pasar mengatakan data awal menunjukkan stok minyak mentah turun di Amerika Serikat. Kekhawatiran atas penyebaran varian Delta di Amerika Serikat dan China, konsumen minyak terbesar, membebani harga, dengan kedua tolok ukur anjlok lebih dari 3 persen pada satu titik.

baca juga: Tak Terdampak Pengutan Dolar AS, Harga Emas Dunia Stabil

Di China, penyebaran varian tersebut dari pantai ke perkotaan mendorong pihak berwenang untuk memberlakukan tindakan tegas guna mengendalikan wabah. "Aliran berita dari China relatif bearish sejak akhir pekan lalu," kata John Kilduff, partner di Again Capital Management, New York. "Adanya kecemasan tentang situasi Covid-19, yang paling membebani kompleks perminyakan." katanya.

Sebelumnya, minyak mentah Brent dan WTI naik lebih dari 60 sen. Brent melonjak lebih dari 40 persen tahun ini, membantu mendorong laba perusahaan migas global. "Kami mencoba memperkirakan seberapa besar perlambatan yang akan terjadi terkait varian Delta," kata Phil Flynn, analis Price Futures Group di Chicago

baca juga: Transaksi Selasa Pagi, IHSG Kembali Bergerak Menguat

Editor: Ramadhani