Pasokan di AS Melimpah, Harga Minyak Dunia Merosot Lagi

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Harga minyak mentah dunia merosot di tengah lonjakan stok minyak mentah Amerika Serikat (AS). Penurunan ini juga dipicu data ekonomi AS yang negatif.

Dilansir dari CNBC, Kamis (5/8/2021) minyak mentah berjangka Brent, patokan internasional, ditutup anjlok 2,03 dolar AS atau 2,8 persen menjadi 70,38 dolar AS per barel. Sementara itu, patokan Amerika Serikat, minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI), merosot 2,41 dolar AS atau 3,4 persen menjadi menetap di posisi 68,15 dolar AS per barel.

baca juga: Transaksi Selasa Pagi, IHSG Kembali Bergerak Menguat

Badan Informasi Energi (EIA) Amerika mengatakan stok minyak mentah di luar dugaan naik 3,6 juta barel, pekan lalu, sementara persediaan bensin turun lebih besar dari perkiraan 5,3 juta barel. Kasus virus korona di seluruh dunia melampaui 200 juta, ketika varian Delta yang lebih menular mengancam area dengan tingkat vaksinasi yang rendah dan mengganggu sistem perawatan kesehatan.

Amerika Serikat dan China, dua konsumen minyak terbesar di dunia , bergulat dengan penyebaran cepat varian Delta yang sangat menular yang diantisipasi para analis akan membatasi permintaan bahan bakar pada saat secara tradisional mengalami peningkatan di kedua negara. Organisasi Kesehatan Dunia mendesak penghentian booster vaksin Covid-19 hingga setidaknya akhir September karena kesenjangan antara vaksinasi di negara kaya dan miskin terus melebar

baca juga: Harga Minyak Dunia Meningkat Akibat Gangguan Produksi Global

Editor: Ramadhani