Awal Pekan, IHSG Masih Stagnan

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Pergerakan IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan) pada awal pekan ini stagnan di level 6.203. Posisi itu sama dengan penutupan pada akhir pekan lalu.

Dilansir dari data RTI, Senin (9/8/2021), IHSG diawal pra perdagangan dibuka naik tipis 0,3 basis poin atau menguat 0,01 persen. Setelah dibuka tepat pukul 09:00 laju IHSG terus merangkak naik hingga level 6.229 dengan menguat 0,42 persen atau naik 26 basis poin.

baca juga: Produk Halal Jadi Keunggulan Kompetitif UMKM Indonesia di Pasar Internasional

Sementara itu indeks LQ45 juga dibuka stagnan, pada awal pra perdagangan indeks ini naik tipis sebesar 0,02 basis poin atau berada dilevel 844. Pada level tersebut IHSG telah ditransaksikan sebanyak 64 juta lembar saham dengan nilai mencapai Rp 89 miliar dan volume transaksi mencapai 4,9 ribu kali.

Sebanyak 207 saham menguat, 56 saham melemah dan 209 saham belum ditransaksikan. CEO PT Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya mengatakan perkembangan pergerakan IHSG hingga saat ini masih menunjukkan betah berada dalam rentang konsolidasi wajar.

baca juga: Menkominfo Jelaskan Alasan Pemerintah Terapkan Pengetatan Kegiatan Nataru

"Selama rentang konsolidasi belum berhasil digeser ke arah yang lebih baik maka peluang pelemahan masih terbuka lebar," kata William dalam analisanya.

Sementara itu menjelang rilis beberapa hasil kinerja emiten selama semester satu secara umum masih terus dibayangi oleh situasi perekonomian yang belum pasti.

baca juga: Investor Tak Lagi Khawatir Covid-19 Varian Omnicron, Harga Minyak Dunia Terus Menguat

Editor: Ramadhani